home ×
Auto

Bukti Keseriusan Apple Hadirkan Mobil Listrik Tanpa Sopir

13 January 2021 By
Bukti Keseriusan Apple Hadirkan Mobil Listrik Tanpa Sopir
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Apple)

Uzone.id - Apple diam-diam mengadakan pertemuan dengan startup Electric Vehicle (EV) asal California Canoo, pada paruh pertama tahun 2020 silam, sebagai bagian dari upaya rahasia raksasa Silicon Valley itu untuk memajukan proyek kendaraan listriknya sendiri.

Dari pembicaraan tersebut, kedua perusahaan membahas opsi mulai dari investasi hingga akuisisi.

Salah satu produk yang tengah dikembangkan oleh Canoo adalah mengembangkan dua van listrik yang dapat menempuh jarak hingga 370 km per-pengisian daya.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028


Kedua kendaraan tersebut diberi nama Multi Purpose Delivery Vehicle 1 dan Multi Purpose Delivery Vehicle 2 (MPDV1 dan MPDV2) yang dirancang agar bisa mengirimkan barang secara lokal sebaik mungkin.

Namun pembicaraan tersebut mengalami jalan buntu setidaknya sampai hari ini, karena Apple ingin mengakuisisi perusahaan, sementara Canoo hanya ingin sebatas diinvestasi.

“Canoo tidak secara terbuka mengomentari diskusi strategis, hubungan atau kemitraan kecuali jika dianggap pantas,” Tony Aquila, ketua eksekutif Canoo, seperti dikutip Uzone.id dari The Verge, Rabu (13/1).

Sebuah laporan mengklaim bahwa Apple sedang dalam pembicaraan dengan Hyundai tentang upaya masuk ke industri otomotif, dengan kesepakatan yang sedang dikerjakan yang memungkinkan produsen mobil Korea Selatan untuk memproduksi apa yang disebut "Apple Car."

Baca juga: Mobil Listrik Apple Hadir Tahun 2024?

Apple Car besutan Hyundai ini konon siap diproduksi pada tahun 2024, lebih cepat dari perkiraan pada tahun 2027.

Selain itu, pabrik itu sendiri kemungkinan besar akan berbasis di Amerika Serikat.

Proposal tersebut akan melibatkan perakitan mobil di pabrik di Georgia yang dimiliki oleh afiliasi Hyundai Kia Motors, atau pembangunan pabrik baru di negara tersebut.

Diyakini bahwa rencananya akan melibatkan produksi sekitar 100.000 kendaraan pada tahun 2024, dengan kapasitas tahunan pabrik yang lebih tinggi yaitu 400.000 kendaraan.

Dalam upaya menyempurnakan kendaraan tersebut, Hyundai dan Apple diklaim berencana merilis "versi beta" dari mobil tersebut pada tahun 2022.




Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article