icon-category Digilife

Cara Balas Email Otomatis Pas Cuti Tahun Baru

  • 27 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Rubaitul Azad / Unsplash)

    Uzone.id - Ketika kita menjalani aktivitas liburan tentunya tak ingin terganggu oleh hal-hal yang berbau pekerjaan kantor.

    Apalagi tiba-tiba saja muncul notifikasi di ponsel kita memberitahukan ada email yang masuk. Dan, ujung-ujungnya urusan pekerjaan.  

    Google sebetulnya sudah membuat sistem pada Gmail agar pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan jawaban sebagai balasan saat kita lagi senang-senangnya vacation.

    BACA JUGA: Gak Rela Influencernya Dibajak Instagram, TikTok Gelontorkan Rp29,3 Triliun

    "Jika kamu tidak memiliki akses ke akun Gmail, seperti saat sedang berlibur atau tidak memiliki koneksi Internet, penjawab saat libur dapat disiapkan agar secara otomatis memberitahukan orang bahwa kamu tidak akan bisa langsung membalas pesan mereka," tulis Google.

    "Ketika orang mengirim pesan kepada kamu, orang tersebut akan menerima email balasan berisikan hal yang kamu tuliskan dalam balasan otomatis saat libur," tambahnya.

    Berikut cara menyiapkan balasan secara otomatis ketika kita sedang liburan:

    1. Di komputer, buka Gmail
    2. Di kanan atas, klik Setelan, Setelan lalu Lihat semua setelan
    3. Scroll ke bawah ke bagian "Penjawab saat libur"
    4. Pilih Penjawab kala libur aktif
    5. Isi rentang tanggal, subjek, dan pesan
    6. Di bawah pesan, centang kotak jika Anda hanya menginginkan kontak Anda melihat balasan kala libur
    7. Di bagian bawah halaman, klik Simpan Perubahan

    Catatan: Jika kamu memilikinya, Tanda tangan Gmail akan ditampilkan di bagian bawah penjawab saat kita libur.

    Berikut cara menonaktifkan balasan saat kita liburan

    Bila balasan saat libur aktif, kamu akan melihat banner di bagian atas kotak masuk yang menampilkan subjek penjawab saat libur.

    Untuk menonaktifkan penjawab saat libur, klik 'Akhiri sekarang'.

    Waktu pengiriman balasan saat libur

    Balasan saat libur dimulai pukul 24.00 pada tanggal mulai dan berakhir pukul 23.59 pada tanggal akhir, kecuali kamu mengakhirinya lebih awal.

    Pada umumnya, penjawab saat libur hanya dikirim saat pertama kali orang mengirim pesan kepada kamu.

    Berikut adalah kemungkinan seseorang melihat penjawab saat libur Anda lebih dari sekali:

    Jika orang yang sama menghubungi Anda lagi setelah empat hari dan balasan kala libur masih aktif, mereka akan melihatnya lagi.

    Penjawab kala libur dimulai kembali setiap kali Anda mengeditnya. Jika seseorang mendapat penjawab kala libur saat pertama kali, lalu mengirimi Anda email setelah Anda mengedit penjawab tersebut, mereka akan melihat jawaban yang baru.

    Jika menggunakan Gmail melalui kantor, sekolah, atau organisasi lainnya, Anda dapat memilih apakah balasan dikirim ke siapa saja atau hanya orang dalam organisasi.

    Tips: Pesan yang dikirim ke folder spam dan pesan yang ditujukan ke milis langganan Anda tidak akan menerima penjawab saat libur.

    Melihat status tidak di kantor

    Kamu bisa melihat status tidak di kantor di Gmail. Jika seseorang tidak berada di kantor, Gmail akan menampilkan status tidak di kantor saat Anda menulis email kepada orang tersebut. Anda masih dapat mengirimkan email, tetapi orang tersebut mungkin tidak membalas sampai dia kembali ke kantor. Jika mengaktifkan Chat di Gmail, Anda juga akan mendapatkan status tidak di kantor saat mengirim pesan langsung.

    Jika seseorang tidak memiliki izin untuk melihat acara tidak di kantor yang Anda buat, Gmail tidak akan menunjukkan status tidak di kantor kepada orang tersebut.

    Membagikan status tidak di kantor

    Untuk menginformasikan kepada orang lain bahwa kamu tidak di kantor, bagikan kalender kamu dan buat acara tidak di kantor.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini