Digilife

Cara Baru Facebook Peringatkan Pengguna yang Baca Konten Sesat Corona

  • 17 April 2020
  • Bagikan :
    Cara Baru Facebook Peringatkan Pengguna yang Baca Konten Sesat Corona

    (Ilustrasi/Unsplash)

    Uzone.id -- Facebook tampak tidak lelah mengupayakan segala cara agar pengguna terhindar dari konten hoaks dan misinformasi mengenai virus corona di dalam platformnya.

    Baru-baru ini Facebook membuat langkah baru agar para pengguna semakin menyadari bahwa mereka telah membaca atau berinteraksi dengan konten dan berita hoaks dan misinformasi. Caranya yakni melalui notifikasi pesan yang akan muncul sebagai peringatan di kolom News Feed.

    Notifikasi pesan tersebut dapat dilihat oleh para pengguna, mulai dari orang-orang yang like, react, atau komentar di konten misinformasi berbahaya mengenai COVID-19.

    Baca juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Hoaks di Facebook

    Namun sayangnya, fungsi ini tampaknya tidak akan memberi tahu pengguna mengenai konten atau topik hoaks dan misinformasi mana yang mereka lihat, melainkan lebih kepada menyarankan agar kita memberitahu teman dan keluarga untuk menghindari informasi sesat.

    Lebih detailnya lagi, Facebook akan membagikan tautan dari deretan rumor umum yang dirangkum oleh World Health Organization (WHO). Jadi pengguna diharapkan dapat membagikan tautan tersebut ke pengguna lain yang telah membaca dan berinteraksi dengan kabar sesat seputar corona.

    Baca juga: Facebook Bikin Aplikasi Ini Supaya Pengguna Apple Watch Bisa Balas Pesan

    “Peringatan ini akan melindungi pengguna dari kabar misinformasi yang berkaitan dengan COVID-19 dan menghubungkan pengguna dengan informasi akurat,” ungkap CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pernyataannya.

    Fitur baru ini rencananya akan mulai aktif pada beberapa pekan ke depan.

    Sebelumnya, Facebook mengatakan telah menyingkirkan ratusan ribu konten hoaks dan misinformasi terkait COVID-19 yang dapat merugikan masyarakat melalui deteksi otomasi dan moderasi pengecek fakta pihak ketiga.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini