icon-category Digilife

Cara Bikin Dark Mode di Zoom, VCS Saat PSBB di Rumah Aja Hemat Baterai

  • 08 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Video conference, meeting online, VCS (Video call seru, bukan yang lain), atau apalah namanya, jika dilakukan dalam waktu yang lama memang bisa menguras baterai. Apalagi dengan aplikasi Zoom yang sudah dipakai banyak orang. Walau cuma diberi durasi gratis 45 menit, tetap saja, kita akan tergoda untuk memperpanjang waktu.

    Salah satu cara untuk bisa menghemat baterai sebenarnya adalah dengan menggunakan dark mode. Sayangnya, Zoom belum memiliki fitur layar gelap, yang dipercaya bisa menghemat baterai. Namun ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan dark mode pada Zoom.

    Zoom bisa digunakan di perangkat dan sistem operasi berbeda, baik berbasis Android maupun iOS. Selain itu di laptop, Zoom juga bisa digunakan di browser Chrome maupun berbasis MacOS.

    Baca juga: Ini yang Bisa Diakses Hacker Saat Video Call Pakai Zoom

    Untuk pengguna iPhone dan smartphone Android, Zoom tidak memberikan fasilitas dark mode, bahkan layar Zoom juga tidak bisa disinkronkan dengan layar lebar. Tidak heran jika tampilan Zoom selalu vertikal jika dilakukan di smartphone.

    Dark mode Zoom untuk smartphone memang tidak bisa dilakukan. Namun jika tujuannya untuk menghemat baterai, kamu bisa melakukan pengaturan tampilan dengan 'Always Turn Off My Video'. Ini artinya, kamu akan bergabung dalam rapat atau konferensi tersebut hanya dengan audio atau suara.

    Sedangkan untuk pengguna Windows, dark mode Zoom bisa diakali sedikit dengan melibatkan Chrome Browser. Kunjungi chrome://flags/#enable-force-dark dan pilih salah satu opsi yang muncul. Direkomendasikan untuk memilih 'Enabled with Selected Inversion of Everything. Jangan lupa, sebelum mengaktifkan opsi ini dan re-launch, simpan semua kerjaan di browser lain. Kemudian klik Re-launch.

    Baca juga: Ribuan Panggilan Video Zoom Bocor di Internet

    Untuk menonaktifkan dark mode, kembali ke link Chrome tersebut di atas, lalu ubah pengaturan kembali menjadi Default. Lalu re-launch browser Zoom.

    Sedangkan untuk pengguna Zoom di MacOS, semua bisa dilakukan melalui pengaturan sistem operasi. Untuk mengaktifkan dark mode, masuk ke System Preferences, pilih General, lalu pilih opsi 'Dark' di Apperance. Ini otomatis akan mengubah tampilan Mac menjadi dark,. Aplikasi yang ada di dalamnya juga akan menjadi gelap, termasuk Zoom.

    Untuk mengubah ke kondisi semula, masuk ke menu yang sama lalu pilih opsi 'Light' di menu Apperance.

    Tags : zoom dark mode 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini