home ×
Gadget

Cara Gunakan Mode Focus pada Notifikasi iOS 15

21 July 2021 By
Cara Gunakan Mode Focus pada Notifikasi iOS 15
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Mode fokus digadang-gadang jadi salah satu fitur paling canggih yang ditawarkan iOS 15, iPadOS 15, dan macOS Monterey.

Pada dasarnya, fitur Mode Fokus ini merupakan versi upgrade dari fitur Do Not Disturb yang sebelumnya sudah ada. Tapi, versi yang terbaru ini lebih disesuaikan, dan lebih detail saat memfilter notifikasi.

Untuk mengatur mode Focus ini, buka Pengaturan> Fokus dan tekan tombol plus untuk menambahkan Fokus baru. Kalian juga bisa melihat mode Fokus yang sudah disiapkan dan diedit.

Apple juga menawarkan berbagai mode Fokus preset, termasuk Personal, Work, Fitness, Gaming, Reading, dan banyak lagi. Jadi, kalian takkan terpaku pada rekomendasi preset dari Apple, meskipun preset bawaan Apple ini menawarkan fitur yang tak tersedia di preset buatan pengguna.

Mode fokus Fitness misalnya, dapat dipicu secara otomatis saat mulai latihan Fitness Plus di Apple Watch, begitupun mode fokus Permainan akan menyala saat Bluetooth controller dihubungkan.

Untuk membuat Fokus yang di custom, pengguna bisa pilih pilihan Custom yang akan mengizinkan kalian memilih nama, ikon, dan warna untuk fokus spesifik tersebut.

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memilih kontak mana saja yang boleh dihubungi saat mode Focus diaktifkan, mirip dengan cara kerja fitur Do Not Disturb. Layar selanjutnya akan meminta kalian untuk memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk mengirim notifikasi saat Focus aktif.

Misalnya, jika kalian membuat mode Focus ‘Kerja’ kalian bisa mengaktifkan notifikasi Email dan Slack saja selama fokus tersebut aktif.

Terakhir, Apple akan bertanya apakah kalian bisa menerima ‘Time Sensitive Notifications’ khusus, fitur ini merupakan kategori baru pada notifikasi super penting yang tak bisa ditunda dan akan dikirim aplikasi saat itu juga.

Setelah mengatur Focus versi kalian, kalian akan berakhir di pengaturan, dimana kalian bisa mengkonfigurasikan beberapa hal tambahan. Kalian bisa membukanya di “Pengaturan” > “Fokus”, lalu pilih mode Fokus yang ingin diedit.

Menu Focus Status akan membuat kalian memutuskan apakah kontak bisa melihat notifikasi kalian dalam mode fokus dan pesannya disenyapkan atau tidak.

Menu Home Screen menawarkan opsi menampilkan atau menyembunyikan silenced notification di lock screen atau meredupkan layar kunci saat mode Focus aktif.

Apple menawarkan dua cara untuk mengaktifkan mode Focus. Yang pertama, secara manual lewat ikon ‘bulan’ di Control Center dan yang kedua, menjadwalkannya secara otomatis (pengaturannya dapat ditemukan di menu Focus).

Opsi paling sederhana adalah ‘Aktivasi Cerdas’ dimana perangkat kalian bisa mengaktifkan mode Focus secara otomatis.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id