icon-category Digilife

Cara Pakai Fitur Chat WhatsApp Hilang dalam 24 Jam

  • 07 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id -- WhatsApp termasuk platform digital yang konsisten menghadirkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan miliaran penggunanya di seluruh dunia. Yang terbaru, WhatsApp membuat fitur agar obrolan chat bisa menghilang dalam kurun 24 jam.

    Yup, WhatsApp menghadirkan fitur baru bernama Disappearing Messages yang berisi beberapa opsi pengaturan soal berapa lama pesan atau chat tersebut hilang secara otomatis.

    Menariknya, selain opsi 7 hari dan 90 hari, kini WhatsApp menyediakan pilihan 24 jam. Jadi, kurang lebih sifat chat-chat di WhatsApp yang hilang ini akan persis seperti cara kerja Instagram Stories dan WhatsApp Status sendiri.

    Baca juga: Sekarang Bisa Edit Foto Langsung di WhatsApp Desktop

    “Pemilihan paling terbaru hanya mengatur pesan baru di dalam percakapan. Pengaturan ini tidak mempengaruhi chat-chat yang sebelumnya sudah ada,” tulis pihak WhatsApp.

    Dalam percakapan dua arah atau japrian dengan satu orang, pengguna bisa mengaktifkan fitur ini. Sedangkan di dalam grup, setiap anggota bisa mengaktifkan dan mematikan fitur ini, namun admin dari grup bisa mengubah pengaturan jika ingin hanya admin yang dapat mengendalikan fitur Disappearing Messages.

    Foto: dok. WhatsApp

    Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, berikut langkahnya bagi pengguna Android dan iOS:

    1. Buka aplikasi WhatsApp
    2. Pilih Settings > Account > Privacy
    3. Klik Default message timer > pilih durasi yang diinginkan
    4. Jika ingin 24 jam, klik ‘24 hours’
    5. Selesai

    Jika belum menemukan fitur ini, kemungkinan aplikasi WhatsApp di perangkat mobile pengguna belum dalam versi terbaru. Namun, apabila sudah memakai WhatsApp paling baru, mungkin pihak Meta belum merilisnya secara serempak.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini