Lifestyle

Cara Pintar Memilih Sepatu yang Nyaman

Cara Pintar Memilih Sepatu yang Nyaman

Sering kali, kita tergiur untuk membeli sepatu gegara trend atau "gelap mata" saat berada di pusat perbelanjaan - ataupun karena ada diskon menarik yang sulit ditolak.

Alhasil, sepatu yang kita beli tersebut tidak sesuai dengan kontur kaki kita sehingga kita enggan untuk memakainya karena tidak nyaman.

Bentuk atau kontur telapak kaki memiliki beberapa karakteristik sehingga sepatu harus disesuaikan karakteristik dan kontur kaki. Pemilihan sepatu yang tepat dapat memperkecil risiko cedera saat berlari dan membantu kita dapat bergerak dengan nyaman. Pemeriksaan karakteristik kaki dapat dilakukan menggunakan footprint analyzer.

Jika itu dirasakan terlalu rumit, berikut ini beberapa panduan sederhana sebelum Anda membeli sepatu.

1. Perhatikan bentuk kaki.

Bagi Anda yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan normal pada sisi dalam telapak kaki (normal arch), disarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki sedikit sudut kelengkungan (stability shoes). Sepatu jenis ini memiliki sedikit sudut kelengkungan dan bantalan yang lebih tebal sehingga memberikan kestabilan.

Sementara untuk yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan yang kecil (flat foot), sepatu yang cocok adalah tipe motion control. Sepatu ini memiliki bantalan yang ekstra tebal sehingga memperkecil kemungkinan kaki tertekuk ke dalam.

Ada juga yang memiliki kaki dengan bagian tengah yang lebih tipis, sehingga tekanan ada di bagian tumit dan depan kaki. Sepatu yang cocok adalah jenis neutral shoes, karena karakteristik sepatu ini memiliki bantalan yang empuk di bagian depan kaki dan tumitnya.

2. Cobalah sepatu bersamaan dengan menggunakan kaos kaki.

Saat membeli sepatu olahraga, sebaiknya Anda mencobanya dengan mengenakan kaos kaki yang sering Anda pakai. Kemudian, lebih baik Anda mencoba lebih dari satu sepatu dan pilihlah yang paling nyaman di antara pilihan tersebut.

Saat mencoba sepatu yang hendak Anda beli, jangan lupa untuk mengenakan kedua sisi sepatu selama 10 menit. Dengan demikian Anda benar-benar yakin bahwa sepatu tersebut benar-benar nyaman untuk dikenakan.

3. Biasakan mengenakan sepatu baru tersebut sebelum digunakan.

Setelah membeli sepatu baru, pakailah sepatu tersebut selama latihan sebelum menggunakannya setiap hari. Hal ini penting agar kaki dapat beradaptasi dengan bentuk sepatu baru tersebut.

Cara ini juga bertujuan agar kulit sepatu dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki Anda sehingga tidak menimbulkan iritasi ataupun lecet.

Tags : sepatu olahraga kasual 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini