icon-category Gadget

Cara Tambah RAM Sampai 5GB di OPPO A95

  • 14 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Dok. OPPO Indonesia

    Uzone.id - Memori di sebuah smartphone bukan lagi kendala dan tidak lagi terbatas maksimal di 4GB. Sudah banyak smartphone kelas menengah yang memberikan memori RAM sampai 8GB, bahkan bisa ditingkatkan lagi. Salah satunya seperti yang baru dikeluarkan OPPO, yakni di seri A95.

    OPPO A95 juga menjadi salah satu smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur ekspansi RAM. Artinya, meski telah dibekali RAM sampai 8GB, OPPO A95 bisa menambahkannya lagi, tidak terbatas di 8GB saja.

    RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Perangkat keras ini sejatinya hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Saat perangkat menjalankan suatu aplikasi program, maka mereka akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

    Baca juga: Hemat Baterai di OPPO A95 Pakai Power Saving Mode

    Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut. Artinya, semakin besar RAM maka semakin mulus performanya.

    Tak puas dengan batasan RAM, OPPO memungkinkan pengguna A95 untuk mengekspansi besaran memori dengan fitur bernama RAM Expansion. Fitur ini memungkinkan RAM yang dimiliki menjadi lebih besar lagi. Bahkan di OPPO A95, ekspansi RAM bisa sampai 13GB.

    Bagaimana caranya?

    Fitur ini bekerja dengan cara meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal handphone untuk dijadikan RAM Virtual. Penyimpanan internal di OPPO A95 besarnya sampai 128GB. Dalam pengaturan terdapat pilihan kapasitas RAM mulai dari 2GB, 3GB sampai 5GB.

    Baca juga: OPPO A95 Gandeng Call of Duty Mobile

    OPPO A95 sudah menggunakan ColorOS 11.1. Ini artinya, RAM Expansion bisa diaktifkan di menu Pengaturan. Masuk ke Pengaturan lalu pilih Tentang Ponsel. Kemudian pilih RAM. Di situ akan langsung muncul tiga pilihan RAM Expansion yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Oppo A95.

    Ekspansi RAM di OPPO A95 mulai dari 2GB, 3GB, hingga 5GB, bisa diatur sesuai keinginan dengan menggeser toggle. Setelah memilih besaran yang mau ditambah, restart ponsel kamu. Ketika kamu masuk ke About Phone, pada info RAM terdapat indikator 8.00 GB (+5.00 GB).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini