Gadget

Cara Tepat Bersihkan Ponsel untuk Tangkal Virus Corona

  • 13 February 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

    Uzone.id - Seperti yang sudah ditulis di sini, membersihkan ponsel bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Singapura sebagai salah satu negara yang terpapar virus corona telah mengimbau hal itu baru-baru ini.

    “Membersihkan ponsel dan mencuci tangan secara teratur adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona, daripada mengenakan masker,” kata Kementerian Kesehatan Singapura, Rabu (12/2), mengutip Business Insider Singapura.

    Ponsel pintar adalah salah satu barang paling kotor, karena sering digenggam, dan banyak orang membawa ponsel pintar ke toilet, tempat kotoran terkumpul.

    Lebih buruk lagi, ponsel pintar kerap berada sangat dekat dengan mata, hidung, dan bibir—area di mana virus corona menginfeksi tubuh manusia.

    Baca juga: Selain Masker, Bersihkan Ponsel Juga Bisa Tangkal Virus Corona?

    Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa ponsel pintar mengandung lebih banyak kuman daripada dudukan toilet. Lantas bagaimana cara membersihkan ponsel pintar dengan tepat?

    Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih ponsel pintar, seperti PhoneSoap, adalah cara paling efektif untuk membunuh kuman.

    Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa larutan alkohol juga mampu membersihkan kuman. Ingat, celah antara ponsel dan casing merupakan area dengan kandungan bakteri lebih banyak daripada layar.

    Larutan alkohol bisa dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol (40 persen). Kamu bisa membersihkan ponsel dengan kapas yang sudah sedikit basah dengan sedikit larutan alkohol.

    Baca juga: Apa Faedahnya Fitur Zoom 100X di Samsung Galaxy S20 Ultra?

    Sementara itu, CNet menyarankan untuk menghindari penyemprotan larutan alkohol pada telepon secara langsung atau menggunakan tisu antibakteri pada layar. Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan casing telepon.

    Menurut CNet, cairan lain yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan ponsel pintar, yaitu pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus riasan, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

    Ketika tidak ada opsi sanitasi lain yang tersedia, menyeka ponsel pintar dengan kain microfiber juga cukup untuk membersihkan benda kesayangan kamu dari kotoran.

    VIDEO: Lo Tim Mana, Earphone Wireless atau Berkabel?