home ×
Digilife

Cara Transfer Google Play Music Library ke YouTube Music

18 May 2020 By
Cara Transfer Google Play Music Library ke YouTube Music
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Google telah mengirimkan pesan ke sebagian pengguna Play Music untuk memindahkan file musik mereka ke YouTube Music. Google mengklaim, untuk memindahkan semua file musik di Library, mulai dari album, playlists, history pembelian, uploads, recommendations, taste profile, dan koleksi lainnya, bisa dilakukan dengan satu kali klik. Namun izinnya bertahap.

Salah satu yang harus kamu lakukan adalah meminta persetujuan Google. Langkah pertama, sudah pasti adalah menunggu email dari Google untuk memberikan izin transfer file. Jika sudah mendapatkan email, tinggal klik link yang diberikan untuk melakukan proses selanjutnya.

Jika memang kamu ga sabar untuk nunggu email dari Google, coba periksa aplikasi YouTube Music kamu. Klik ikon Account yang ada di kanan atas, masuk ke Pengaturan, lalu cari opsi Transfer. JIka tidak ada opsi itu, berarti Google belum memberikan giliran untuk kamu melakukan transfer file.

Untitled123456

Atau bisa juga langsung meng-klik link ini. Anda akan diarahkan ke sebuah halaman transfer langsung. Namun jika belum giliran anda, halaman itu akan meminta anda menunggu 'Soon' untuk melakukan transfer, setelah mendapat persetujuan Google.

Jika sudah mendapat izin Google melakukan transfer, dengan sekali klik, maka semua file di Google Play Music akan berpindah ke YouTube Music. Namun tentu saja butuh waktu untuk memindahkannya, tergantung seberapa besar koleksi musik yang kamu miliki.

Oia, Google Play Music belum benar-benar dimatikan oleh Google sehingga jika transfer sudah dilakukan, lalu kamu ingin menambah lagu baru di Play Music, maka musik tersebut bisa langsung ditransfer ke YouTube Music. Ini artinya, proses transfer bisa dilakukan berulang-ulang, sampai Google Play Music benar-benar dimatikan dalam waktu dekat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menikmati musik di YouTube Music adalah,
1. Untuk memulai migrasi file-file musik, pengguna diminta untuk membuat YouTube Channel. Saluran ini tidak mengharuskan kamu untuk memposting konten atau video. Hanya saja, karena YouTube Music terkoneksi dengan aplikasi YouTube, maka pembuatan channel pribadi pun harus dilakukan.
2. Akun Google Play Music tidak bisa ditransfer ke dalam akun YouTube untuk sebuah brand atau YouTube bisnis. Jadi akun YouTube yang dibuat benar-benar akun personal.

Ketika proses transfer selesai, kamu bisa menemukan Music Library di YouTube Music dengan cara mengklik tombol Library di aplikasi tersebut. YouTube Music hanya memiliki 3 tab di bagian bawah, yakni Home, Explore dan Library, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 17:04:06

cara caranya itu sangat mudah sekali di gunakan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id