home ×
Digilife

Cegah Pelecehan, Sony Sediakan Fitur Rekam Suara di PS5

18 October 2020 By
Cegah Pelecehan, Sony Sediakan Fitur Rekam Suara di PS5
Share
Share
Share
Share

Uzone.id — Sony mengumumkan bakal menyediakan fitur merekam suara di konsol PlayStation 5 (PS5). Kira-kira gunanya untuk apa, ya?

Salah satu eksekutif Sony, Catherine Jensen menulis di blog resmi PlayStation mengenai detail fitur baru ini.

Menurutnya, fitur ini dapat merekam audio sampai 40 detik dari percakapan si pengguna dengan gamer lain sebagai bukti jika terjadi pelanggaran aturan atau kebijakan tertentu.

Dengan kata lain, fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk merekam dan mengirim bukti suara dari pemain lain yang sekiranya berperilaku menyimpang selama bermain, seperti pelecehan atau kekerasan verbal.

Baca juga: 6 Bulan Lagi, Harga PS5 Bakal Turun

Secara detail, laporan soal pelecehan dapat mencapai 20 detik dari percakapan antara pemain, dengan tambahan 20 detik sebagai informasi atau tambahan perspektif bagi perilaku ini.

Mengutip berbagi sumber, PS5 juga nantinya bisa mengulang sampai 5 menit untuk mendapatkan inti percakapan yang dianggap mengganggu atau tidak sesuai norma.

Sony berpikir, para pengguna PS5 nantinya juga akan bermain game secara online dengan pengguna PS4, jadi perusahaan merasa penting bagi mereka untuk tahu ada fitur baru ini.

Jensen juga menekankan, fungsi rekaman suara ini hanya akan digunakan oleh para pemain, bukan pihak Sony.

Baca juga: Wujud PS5 yang Sebenarnya, Bongsor Juga

“Mohon diingat bahwa fitur ini tidak akan memantau atau mendengar secara aktif percakapan kalian, dan secara ketat memang hanya akan dimanfaatkan untuk melaporkan adanya pelecehan atau kekerasan online,” tulis Jensen.

Seperti diketahui, PS5 punya dua versi yakni versi digital dan versi Blu-Ray.

Perbedaannya, hardware versi PS5 Digital Edition ini tidak memiliki drive untuk disc sehingga bodinya tampak lebih tipis.

Untuk harga, PS5 edisi digital dijual USD 400 atau setara Rp5,9 juta. Sementara PS5 versi Blu-Ray dibanderol USD500 atau setara Rp7,5 juta.

Sony akan mulai mengirimkan unit PS5 mulai 12 November mendatang ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Selandia Baru, Meksiko, Kanada, Korea Selatan, Australia.

Sementara untuk negara lain, konsol ini baru akan tersedia pada 19 November 2020. Jadi kemungkinan PS5 baru sampai Indonesia pada tanggal tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ricki Ananda 06 November 2020 | 15:22:57

pengen banget punya ps5

Alishodikin Ikin 18 October 2020 | 20:43:22

ps5 the best

Apip Pudin 18 October 2020 | 19:30:50

pengen banget beli ps 5

Satria Kelana 18 October 2020 | 17:22:38

fitur yang sangat bagus dari Sony saya sih mendukung banget guys

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article