home ×
Digilife

Cegah Zoombombing, Zoom Hadirkan Fitur ‘Pause’ di Tengah Acara

20 November 2020 By
Cegah Zoombombing, Zoom Hadirkan Fitur ‘Pause’ di Tengah Acara
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Zoom. (Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Masih ingat insiden yang dikenal dengan sebutan ‘zoombombing’? Dari beberapa cara yang dilakukan oleh Zoom, belum lama ini layanan telekonferensi ‘sejuta umat’ ini meluncurkan fitur baru yang dapat mencegah terjadinya zoombombing di tengah rapat atau acara live.

Dari pengumuman yang dirilis di blog resmi perusahaan, Zoom kini menghadirkan fitur ‘pause’ atau pemberhentian sementara agar host acara dapat menyingkirkan peserta yang dianggap mengganggu, atau peserta yang tidak diundang.

“Di dalam ikon Security, host dan co-host sekarang memiliki opsi untuk memberhentikan [pause] acara atau rapat secara sementara untuk menyingkirkan peserta yang mengganggu,” tulis Security & Privacy PR Lead Zoom, Matt Nagel.

Baca juga: Mirip Zoom, WhatsApp Web Bisa Terima Panggilan Suara dan Video

Nagel pun membagikan cara penggunaan fitur ini. Setelah mengklik ikon Security, host bisa langsung mengklik “Suspend Participant Activities”. Sekali diklik, semua video, audio, chat di dalam rapat, catatan, screen sharing, dan perekaman selama acara akan berhenti.

Host dan co-host akan ditanya apakah mereka ingin melaporkan pengguna atau partisipan dari acara atau membagikan detail apapun. Sekali mereka mengklik ‘Submit’, partisipan yang sudah dilaporkan akan tersingkir dari rapat, dan tim Trust & Safety Zoom akan diberi tahu,” kata Nagel.

Baca juga: Ternyata, Selama Ini Zoom Berbohong ke Pengguna

Dia melanjutkan, “host dan co-host bisa melanjutkan acara atau rapat kembali dengan mengaktifkan fitur-fitur yang mereka inginkan secara mandiri. Pihak Zoom akan mengirimkan mereka email setelah acara selesai untuk mengumpulkan informasi terkait insiden tersebut.”

Mengutip The Verge, Zoom juga mengatakan bahwa fitur baru ini akan dirilis untuk semua pengguna gratis maupun berbayar dan tersedia untuk perangkat Mac, PC, Linux, serta aplikasi mobile Zoom.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article