home ×
Digilife

CEO Bukalapak Beberkan Cara Kembalikan Akun yang Dibobol Hacker

06 May 2020 By
CEO Bukalapak Beberkan Cara Kembalikan Akun yang Dibobol Hacker
Share
Share
Share

(CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin. Foto: dok. Investor Daily)

Uzone.id -- Perusahaan e-commerce Bukalapak diterpa isu yang kurang enak soal 13 juta akun pengguna yang bocor di forum hacker. Sembari menepis kabar ini, sang CEO turut memberikan informasi terkait pengembalian akun yang barangkali pernah kena peretasan.

Dalam sesi diskusi virtual yang digelar Bukalapak pada Rabu (6/5), CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin membeberkan cara yang dapat dilakukan pengguna jika akunnya pernah mengalami pembobolan.

Dari penjelasannya, ada dua hal yang perlu diketahui pengguna soal data yang bocor oleh peretas. Hal pertama adalah alamat email yang bocor.

“Soal data breach, kalau kita pakai tools ketiga dan menelusuri akun kita di layanan digital, lalu yang muncul misalnya hanya alamat email saja tapi password tetap aman, itu sebenarnya akun kita belum ke-hack atau diambil alih oleh peretas,” ungkap Rachmat.

Dia melanjutkan, “meski begitu, kita harus cepat-cepat ganti password, karena akun kita itu masih bisa diselamatkan.”

Baca juga: Ini Saran Bukalapak Agar Akun Tetap Aman dari Pembobolan

Lalu, hal kedua adalah ketika akun kita benar-benar sudah diretas dan diambil alih oleh oknum yang melakukan serangan siber tersebut.

“Ketika akun kita fix di-take over, ada beberapa mekanisme biasanya, dan ini tergantung dari kebijakan tiap perusahaan penyedia layanan. Misal dari Bukalapak, kita biasanya meminta bukti bahwa ini adalah betul akun milik kamu. Selebihnya akan ada proses validasi seperti nomor telepon dan lain-lain untuk memenuhi langkah agar akun tersebut bisa dikembalikan,” kata Rachmat.

Isu bocornya data pengguna Bukalapak ini kembali mencuat lantaran ada laporan yang memaparkan bahwa sebanyak 13 juta akun di e-commerce tersebut diperjualbelikan di forum hacker RaidForums, tempat yang sama untuk menjual data 91 juta akun Tokopedia.

Bukalapak mengaku telah meningkatkan keamanan layanannya dari sisi infrastruktur, keahlian, serta kultur perusahaan.

Baca juga: Bukalapak Tepis Rumor 13 Juta Akun Bocor di Forum Hacker

Adapun beberapa tips dari pihak Bukalapak kepada para pengguna agar akun masing-masing tetap aman dan tidak mengganggu aktivitas transaksi, yakni:

  • Jangan gunakan password yang sama untuk lebih dari satu akun/situs
  • Gunakan password yang kompleks, dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, karakter spesial dan kapitalisasi
  • Gunakan password manager untuk membuat password yang berbeda-beda, namun lebih mudah untuk diingat
  • Aktifkan verifikasi dua langkah atau Two-factor Authentication (2FA)
  • Pastikan bahwa situs yang dikunjungi 100 persen akurat, walaupun situs tersebut terlihat otentik, terutama pada saat memasukan username, password, metode 2FA, dan data pribadi lain
  • Pelajari lebih lanjut tentang serangan siber phising

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Caesario Agmi 07 May 2020 | 21:04:15

wah bisa dicoba nih cara dari CEO Bukalapak

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id