icon-category Health

Ciri dan Gejala Hepatitis yang Harus Anda Kenali Sebelum Terlambat

  • 07 Jul 2017 WIB
Bagikan :

Hepatitis adalah infeksi peradangan hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis. Kebanyakan orang yang terinfeksi hepatitis tidak yakin bagaimana mereka bisa tertular penyakit ini.

Ditambah lagi, tidak semua orang terinfeksi hepatitis akan menunjukkan gejala. Biasanya mereka menyadari kondisinya di kemudian hari saat penyakit ini telah jauh berkembang menjadi kronis. 

Namun dalam beberapa kasus, beberapa pasien akan menunjukkan gejala hepatitis tertentu tidak lama setelah terinfeksi virus.

 Berikut penjelasan lengkap seputar gejala hepatitis yang wajib Anda ketahui.

Apa saja ciri dan gejala hepatitis?

Gejala hepatitis bisa bervariasi bagi setiap orang, bisa bersifat ringan tetapi juga parah bagi sebagian orang. Terkadang, bisa tidak ada gejala sama sekali, atau Anda tidak mendapatkan diagnosis yang tepat karena penyakit ini juga menimbulkan beberapa gejala yang sama dengan flu.

Gejala yang paling umum meliputi:

  • Demam
  • Merasa letih
  • Nafsu makan buruk

Ada sekitar 20 sampai 30% persen orang yang mengalami gejala hepatitis begitu terinfeksi, misalnya:

  • Kelelahan
  • Mual atau muntah
  • Nyeri lambung 
  • Nyeri sendi atau otot
  • Urin gelap seperti teh
  • Feses berwarna putih seperti dempul
  • Warna kulit dan bagian putih mata menguning (penyakit kuning)
  • Rasa gatal
  • Perubahan mental, seperti keadaan tidak sadar atau koma
  • Perdarahan dalam tubuh

Bagaimana gejala hepatitis didiagnosis?

Gejala awal hepatitis paling sering terjadi sekitar enam atau tujuh minggu setelah terpapar virus. Namun yang lain bisa memerlukan enam bulan sampai 10 tahun atau lebih sebelum menyadari adanya gejala. Perkembangan virus dapat memakan waktu lama sampai menyebabkan kerusakan hati. Oleh karena bisa sulit untuk mengetahui keberadaan virus hepatitis dalam tubuh.

Anda dapat melakukan tes darah sederhana di klinik dokter atau laboratorium rumah sakit untuk memastikan apakah Anda telah terinfeksi hepatitis. Setelah dokter mendapatkan hasil tes darah, dokter bisa menyarankan Anda untuk menjalani biopsi hati untuk menentukan jika Anda menderita hepatitis kronis.

Apakah hepatitis bisa dicegah?

Ya. Penularan hepatitis dapat dicegah dengan memastikan melakukan langkah-langkah pencegahan sederhana.

Lakukan hubungan seks yang aman (jangan berhubungan seks tanpa kondom dan bergonta-ganti pasangan). Jika Anda ingin punya tato atau tindik tubuh, pastikan bahwa orang yang menangani Anda menggunakan jarum yang bersih dan steril. Anda juga harus menghindari menggunakan jarum yang sama denga orang lain. Selain itu, pastikan bahwa Anda mencuci tangan dengan seksama sebelum dan setelah dari toilet, juga sebelum dan setelah menyiapkan bahan makanan.

Selalu periksakan diri ke dokter jika Anda mencurigai tanda-tanda dan gejala hepatitis. Jika Anda tidak mendapatkan pengobatan, hepatitis dapat berkembang jadi sirosis, yaitu kerusakan hati yang serius. Buat janji dengan dokter juga jika ada teman atau anggota keluarga yang terkena penyakit ini dan jika Anda bepergian ke negara di mana penyakit ini umum terjadi. Ada risiko bahwa Anda juga bisa terinfeksi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

The post Ciri dan Gejala Hepatitis yang Harus Anda Kenali Sebelum Terlambat appeared first on Hello Sehat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini