home ×
Digilife

Clubhouse Raih Kucuran Dana Rp58 Triliun

19 April 2021 By
Clubhouse Raih Kucuran Dana Rp58 Triliun
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Clubhouse. (Foto: William Krause / Unsplash)

Uzone.id – Clubhouse mengumumkan telah menutup pendanaan seri C-nya pada hari Minggu, 18 April 2021. Nilai pendanaan yang diterima Clubhouse mencapai USD4 miliar atau setara Rp58 triliun.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dengan investor Tiger Global dan DST Global yang bergabung untuk pertama kalinya. Co-founder dan CEO Clubhouse Paul Davidson telah mengonfirmasi kabar baik ini.

Kucuran dana tersebut dipercaya dapat melipatgandakan nilai Clubhouse jika dibandingkan dengan nilai perusahaan pada bulan Januari lalu. Pendanaan ini menandakan investor memiliki ekspektasi besar terhadap aplikasi media sosial berbasis audio tersebut.

Baca juga: Soal Kebocoran Data Clubhouse, Pengamat Minta Pemerintah Edukasi Maksimal

Bagaimana tidak, Clubhouse baru berusia satu tahun namun telah menarik perhatian dari beberapa pemain terbesar dalam bisnis teknologi dan Hollywood, serta berhasil menginspirasi beberapa media sosial global lain untuk meniru fiturnya.

Diketahui Spotify, Discord, Linkedin, dan Facebook semuanya juga bergerak mengembangkan ruang audio sosial, menandakan bahwa Clubhouse harus berjuang untuk terus mengembangkan layanan yang dirintisnya.

Paul serta co-founder Rohan Seth juga menyampaikan bahwa fitur discoverability dan pengaturan notifikasi sedang menjadi prioritas pengembangan Clubhouse. Mereka juga tengah membenahi kemampuan servernya.

“Meskipun kami telah melipatgandakan jumlah tim kami tahun ini, menstabilkan infrastruktur, meluncurkan metode pembayaran dalam versi beta untuk membantu kreator memonetisasi, dan menyiapkan versi Android, masih banyak yang harus dilakukan agar terus menghadirkan Clubhouse ke lebih banyak orang,” tulis pihak Clubhouse dalam sebuah posting blog.

Baca juga: Clubhouse untuk Android Hadir Mei 2021

Mereka menyambung, “bukan rahasia lagi kalau server kami sedikit mengalami kendala dalam beberapa bulan terakhir ini, dan pertumbuhan kami telah melampaui algoritma yang awalnya dibuat oleh tim kecil kami.”

Clubhouse sempat dilaporkan memiliki 10 juta pengguna aktif per bulan. Untuk saat ini Clubhouse hanya untuk mereka yang mendapat undangan dan baru tersedia bagi pengguna iOS. Aplikasi ini diharapkan akan segera hadir bagi pengguna Android pada bulan Mei mendatang.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article