icon-category Digilife

Cuma Anak Kripto dan NFT Sejati yang Paham ‘Bahasa Gaul’ Ini

  • 24 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: Tezos/Unsplash

    Uzone.idSlang atau ‘bahasa gaul’ tak hanya hadir di obrolan sehari-hari atau ruang media sosial seperti Twitter, tapi juga meramaikan dunia kripto dan NFT. 

    Saking ‘gaulnya’, istilah-istilah ini belum tentu dapat dimengerti oleh orang awam yang nggak, atau belum pernah terjun langsung di ruang permainan kripto ataupun NFT.

    Bahasa gaul ala kripto dan NFT ini biasanya digunakan dalam percakapan sesama pemain saat berinteraksi di platform Discord atau Reddit. Tak sedikit juga istilah ini meramaikan Twitter.

    Berikut beberapa daftar bahasa gaul yang kira-kira hanya dimengerti oleh anak kripto dan NFT sejati, biar orang-orang awam yang belum tahu jadi paham.

    HODL

    Singkatan ini memiliki kepanjangan “hold on for dear life”, yang artinya untuk tetap memegang koin kripto bahkan setelah nilainya jatuh.

    Tujuannya lebih ke memberi semangat agar tiap pemain tetap mempertahankan posisinya ketimbang menjual kripto karena panik.

    Baca juga: Heboh NFT Jadi Aset Digital, Gimana Cara Cairin Uangnya?

    Uniknya, istilah ini muncul secara nggak sengaja. Di sebuah forum online tahun 2013, ada seorang pengguna bitcoin typo saat mengetik kata “hold” jadi “HODL” karena panik harga bitcoin sempat turun. 

    FUD

    Ini juga singkatan, kepanjangannya “Fear, Uncertainty, and Doubt” dan kerap dipakai untuk menyebarkan rasa takut, keraguan, dan ketidakpastian di kalangan investor kripto. 

    Orang-orang yang menyebarkan FUD disebut “fudders” dan istilah ini tujuannya bisa berdampak ke harga koin kripto tertentu, atau ruang kripto seluruhnya jatuh. 

    To the Moon/mooning

    Mungkin ada yang pernah dengar sebelumnya, istilah ini memiliki arti bahwa harga kripto telah mencapai nilai puncak dan menembus rekor. 

    Sebuah koin kripto juga bisa digambarkan sebagai “‘mooning” ketika harganya sudah melonjak 100 persen dalam waktu singkat.

    Istilah ini mulai populer pada 2017 ketika bitcoin mencapai nilai USD20 ribu.

    GM & GN

    Istilah ini juga mungkin pernah kalian temukan di Twitter. GM sesederhana singkatan dari Good Morning dan GN artinya Good Night.

    Twitter memang menjadi platform favorit para pemain kripto dan NFT. Komunitas ini biasa menyapa “GM” ke satu sama lain dan menggunakan “GN” untuk menutup hari mereka.

    GMI/WAGMI & NGMI

    Jangan capek dulu lihat singkatan, karena memang begitulah adanya. Mungkin saking sibuknya mantengin kripto, bahasa gaulnya serba disingkat biar cepat.

    GMI atau WAGMI singkatan dari “Gonna Make It” atau “We All Gonna Make It”. Biasanya dipakai untuk menyebarkan optimisme tentang masa depan — dalam hal ini tentu saja nilai kripto.

    Sementara NGMI kebalikan dari GMI, kepanjangannya “Not Gonna Make It” yang biasanya dipakai ketika ada pemain tidak setuju terhadap sebuah tindakan, atau menunjukan penyesalan dari keputusannya.

    Baca juga: Sekarang Bisa Pajang NFT Jadi Foto Profil Twitter, Asal...

    Szn

    Ini juga singkatan dari “season” yang artinya siklus pasar. Crypto Szns adalah rotasi pasar dari satu tema ke tema yang lain, dan jangka waktunya bisa dari 1 minggu sampai 2 bulan.

    Mint

    Minting adalah upaya untuk mengubah karya digital menjadi koleksi kripto atau aset digital di blockchain. Istilah populer dan sehari-hari digunakan oleh para pemain NFT.

    Shill

    Istilah ini artinya mempromosikan koin kripto manapun melalui iklan implisit. Biasanya shilling bertujuan untuk meramaikan tentang koin kripto dengan endorse secara personal di forum publik.

    Sangat mungkin yang melakukan shilling ini adalah sosok yang berpengaruh atau memiliki posisi besar di kripto yang ingin ia promosikan itu.

    Paper hands

    Seorang investor yang tidak bisa atau enggan mengambil risiko besar dan keluar dari sesi jual-beli sangat cepat disebut sebagai “paper hands”. 

    Mau itu harga sedang turun atau memang mengandalkan perasaan, mereka tidak akan ragu untuk menjual dan keluar begitu saja. Singkatnya, mereka mudah ketakutan oleh pasar kripto yang memang mudah berubah dan sulit diprediksi.

    LFG

    Kepanjangan dari “Let’s f***ing go” dan biasanya dipakai ketika orang-orang bersemangat terhadap sebuah proyek. LFG sering digunakan bersama emoji roket.

    Gimana menurut kalian? Ada yang belum disebut?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini