home ×
Auto

Daftar Hasil Uji Tabrak Mobil Murah Indonesia

21 October 2016 By
Daftar Hasil Uji Tabrak Mobil Murah Indonesia
Share
Share
Share
Share


Bicara mengenai keselamatan, produsen berlomba-lomba untuk memberikan produk yang memberikan rasa aman pada pengemudinya. Indonesia sebagai negara dengan penjualan mobil yang cukup tinggi, dipandang sudah saatnya memiliki fasilitas uji tabrak di dalam negeri.

Hal ini disampaikan dalam acara Indonesia Road Safety Award (IRSA), Kamis (20/10/2016). Prof. IR. Leksmono Suryo Putranto, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dia mengungkapkan, keberadaan fasilitas uji ini untuk mengetahui kemampuan kendaraan mempertahankan bentuk strukturnya saat terjadi tabrakan.

Selama ini fasilitas pengujian kendaraan yang dijual di Indonesia dilakukan di laboratorium New Car Assesment Program for South East Asia (ASEAN NCAP), sebuah lembaga independen yang perhatian dengan kualitas keamanan produk otomotif, yang berada di Malaysia.

Laboratorium ini melakukan serangkaian uji coba pada produk-produk kendaraan penumpang yang ada di ASEAN termasuk Indonesia.

Berita Terkait:

Pengujian dilakukan dengan menabrakkan kendaraan dalam kecepatan 64 kpj. Melalui sensor yang terdapat di berbagai titik, didapat pengukuran keselamatan dengan rating tertinggi 5 bintang dan terendah tidak mendapat bintang.

Beberapa produk kendaraan yang memiliki angka penjualan cukup besar di tanah air pernah di tes pada laboratorium ini, termasuk kendaraan LCGC. Segmen yang hadir untuk memenuhi regulasi pemerintah ini juga menawarkan keamanan dalam produknya.

Hasil tes baik didapat dari kendaraan yang menyertakan fitur keselamatan lengkap pada produknya seperti airbag pada penumpang dan pengemudi, sabuk untuk penumpang, fitur keselamatan untuk anak-anak serta sistem pengereman dengan teknologi ABS dan ESC.

Berikut hasil pengetesan produk LCGC yang di tes di laboratorium ASEAN NCAP.

Segmen LCGC

Model

Rating (Penumpang dewasa | Anak-anak)

Toyota Agya

4 bintang | 4 bintang

Daihatsu Ayla

4 bintang | 4 bintang

Daihatsu Ayla non Airbag

1 bintang | 2 bintang

Datsun Go

2 bintang | 2 bintang

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor: Azwar Ferdian
Copyright Kompas.com

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id