Technology

Daftar Produk Apple yang Didesain Jony Ive

  • 28 June 2019
  • Bagikan :
    Daftar Produk Apple yang Didesain Jony Ive

    (dok. Daily Express)

    Uzone.id -- Jika gak ada Jony Ive, belum tentu produk-produk Apple bisa menciptakan tren dan menjadi pelopor desain minimalis. Kerap dijuluki sebagai “sang desainer jenius”, sosok Ive begitu penting bagi tampang produk Apple.

    Ive bergabung di perusahaan Apple hampir 30 tahun lalu. Sejak dulu memang sudah diberi tanggung jawab untuk merancang produk-produk hingga tampilan antarmuka peranti lunak iOS. 

    Kabar Ive yang siap angkat kaki dari Apple untuk membesarkan perusahaan miliknya, lumayan berhasil bikin para konsumen setia Apple jadi bernostalgia produk-produk andalan yang dirancang olehnya.

    Baca juga: Orang di Balik Keindahan Produk Apple (Akhirnya) Hengkang

    Berikut deretan produk Apple yang dirancang oleh Ive.

    1. iMac G3

    (dok. Amazon)

     

    Produk ini satu ini hadir di era 1990an. Komputer iMac G3 terdiri dari 13 varian warna untuk bagian belakangnya, seperti pink hingga biru. Sejak tahun 1990an, warna perangkat Apple sudah khas banget yakni abu-abu di bagian bodinya.

    Produk ini termasuk perangkat awal-awal yang didesain oleh Ive, di mana mesinnya diletakkan di bagian belakang layar tanpa otak CPU, serta ucapan “hello” yang begitu legendaris.

    2. iPod

    (dok. Product Review)

     

    Siapa yang gak tahu iPod? Pemutar musik ini sempat menjadi gadget ‘wajib’ anak-anak muda era awal 2000an. Bentuknya minimalis, sederhana, serta punya click wheel yang begitu ikonis sebagai navigasi. Yang bikin menggiurkan, pilihan warnanya buanyak banget. Dan tentu saja tak lupa warna putih yang “Apple banget”.

    3. iPhone

    (dok. CNBC)

     

    Ini adalah mahakarya populer Ive. Jika Steve Jobs dianggap sebagai mastermind di balik teknologi dan konsep ponselnya, Ive adalah sosok yang membuat desain iPhone seperti yang kita kenal seperti sekarang.

    Mulai dari iPhone 3G hingga iPhone di masa sekarang yang serba touch screen, Ive berhasil menerapkan visi Jobs (dan Cook) menjadi sebuah produk berdesain sederhana namun elegan yang digandrungi masyarakat.

    Baca juga: Jony Ive, Merancang Kloset Kemudian iPhone yang Terkenal itu

    4. iPad

    (dok. Cnet)

     

    Memang sih, iPad rasanya seperti iPhone diperbesar aja. Namun, iPad lahir ketika pemain teknologi lain juga mulai bersaing di pasar komputer tablet. Dan Ive lagi-lagi berhasil merancang iPad sedemikian rupa agar tampilannya tetap menarik tanpa kehilangan sentuhan premium.

    5. MacBook

    (dok. TechRadar)

     

    Laptop tipis minimalis dari Apple ini juga dianggap sebagai salah satu rancangan terbaik dari Ive. Mulai dari konsep papan ketik yang sederhana namun tetap empuk ditekan, sampai desain stylish tanpa banyak embel-embel. 

    6. Apple Watch

    (dok. PC Mag)

     

    Meski kehadiran Watch gak sepenuhnya sebagai pencipta tren jam tangan pintar, tapi Apple mengakui bahwa Watch gak cuma jadi perangkat yang membantu meningkatkan aktivitas kebugaran pengguna, namun juga diminati sebagai bagian dari esensi fesyen kelas tinggi.

    7. Apple Pencil

    (dok. Apple Insider)

     

    Steve Jobs pernah secara terang-terangan bilang bahwa dirinya benci stylus. Namun, nyatanya Apple luluh juga dan memproduksi Apple Pencil.

    Bukan Apple namanya kalau desainnya gak beda sendiri. Apple Pencil sekilas seperti pensil konvensional yang sering digunakan anak-anak untuk menulis dan menggambar. Justru itu adalah niat Ive, menjadikan Pencil seperti pensil biasa, namun dilengkapi oleh teknologi apik di dalamnya. Daya tekan dan presisinya juga diklaim akurat dan nyaman digunakan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini