Digilife

Daftar Situs dan Aplikasi yang Bisa Diakses Pakai Kuota Gratis dari Pemerintah

  • 23 September 2020
  • Bagikan :
    Daftar Situs dan Aplikasi yang Bisa Diakses Pakai Kuota Gratis dari Pemerintah

    (U Meet Me menjadi salah satu platform konferensi video yang bisa diakses pelajar dan pendidik melalui kuota gratis pemerintah. Foto: dok. Telkom)

    Uzone.id -- Kebijakan pemberian kuota internet gratis dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mulai didistribusikan pada 22 September kemarin jika mengacu pada jadwal yang sudah ditetapkan. Kuota internet gratis ini terdiri dari dua jenis kuota yang masing-masing punya fungsinya.

    Jika mengacu Peraturan Sekretaris Jenderal No. 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 dari Kemendikbud, bentuk bantuan yang diberikan kepada para pelajar, guru, mahasiswa, dan dosen melalui kebijakan ini berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas Kuota Umum dan Kuota Belajar.

    Seperti apa bedanya?

    Kuota Umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi apapun, sementara Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi khusus pembelajaran.

    Baca juga: Ini Teknis Distribusi Kuota Internet Gratis Pemerintah untuk Pelajar

    Ada pula rincian mengenai situs dan aplikasi platform pembelajaran yang dapat diakses oleh para penerima kuota internet gratis ini menggunakan Kuota Belajar. Berikut daftarnya:

    1. Aminin
    2. Ayobelajar
    3. Bahaso
    4. Birru
    5. Cakap
    6. Duolingo
    7. Edmodo
    8. Eduka System
    9. Ganeca Digital
    10. Google Classroom
    11. Kipin School 4.0
    12. Microsoft Education
    13. Quipper
    14. Ruangguru
    15. Rumah Belajar
    16. Sekolah.Mu
    17. Udemy
    18. Zenius
    19. WhatsApp

    Dari daftar di atas, platform pembelajarannya beragam, bukan cuma aplikasi dan situs yang menyediakan mata pelajaran pokok saja, namun juga ada platform belajar bahasa seperti Bahaso yang menawarkan kursus Bahasa Inggris, serta Duolingo untuk pilihan bahasa asing yang lebih banyak.

    Baca juga: Sejauh Mana Upaya Operator di Program Kuota Gratis Pemerintah?

    Tak lupa ada platform Google Classroom dan Microsoft Education yang dapat menjadi wadah belajar lebih efektif, serta platform online Udemy yang dapat menambah kompetensi di bidang IT seperti coding dan software.

    Sementara itu, melalui Kuota Belajar ini juga para murid, guru, mahasiswa, dan dosen dapat mengakses deretan layanan konferensi video seperti U Meet Me, Cisco Webex, Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.

    Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, ada beberapa rincian paket kuota internet gratis yang akan diterima sesuai dengan jenjang pendidikan. Berikut detailnya:

    • Peserta didik PAUD: 20GB/bulan, 5GB untuk kuota umum dan 15GB kuota belajar
    • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 35GB/bulan, 5GB untuk kuota umum dan 30GB kuota belajar
    • Pendidik PAUD, jenjang pendidikan dasar, dan menengah: 42GB/bulan, 5GB untuk kuota umum dan 37GB kuota belajar
    • Mahasiswa dan dosen: 50GB/bulan, 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini