icon-category Digilife

Desainer Nintendo Generasi Awal, Masayuki Uemura Meninggal Dunia

  • 10 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Game News 24

    Uzone.id - Masayuki Uemura, legenda desainer Nintendo waktu awal meluncur ke pasar, meninggal dunia. Dia meninggal dunia di usianya yang ke-78 tahun.

    Masayuki Uemura merupakan orang paling berperan penting dalam terciptanya generasi awal Nintendo di tahun 1980, yakni Nintendo Famicom dan Super Famicom. Kedua konsol tersebut merupakan cikal bakal yang kemudian dikenal dengan nama Nintendo Entertainment System (NES) dan Super Nintendo Entertainment System (SNES).

    Masayuki_Uemura-1

    Kematian Masayuki Uemura diumumkan kemarin oleh pihak Ritsumeikan University di Tokyo, Jepang. Di universitas itu, Uemura bekerja sebagai profesor tamu dan penasehat untuk pusat riset game kampus tersebut.

    NES debut pertama kali pada 1983 dan langsung menjadi fenomena dunia. Nintendo berhasil menjualan puluhan juta NES dan SNES ke seluruh dunia. Ini merupakan pertama kalinya banyak gamers yang antusias dengan konsol game dengan sajian permainan seperti Donkey Kong, Mario, dan Zelda, serta banyak game lainnya.

    Uemura sendiri baru pensiun dari Nintendo pada 2004. Sejak saat itu, dia menghabiskan waktunya untuk mengajar desain game kepada generasi muda di Ritsumeikan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini