icon-category Digilife

DigiCampus, Program Telkom Dorong SDM Unggul dari Kampus

  • 10 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara (kiri) bersama Rektor Universitas Padjajaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE

    Uzone.id - Awal tahun 2022 ini, Telkom Indonesia meluncurkan program baru bernama ‘DigiCampus’, program ini melibatkan berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Program ini hadir sebagai wujud dukungan Telkom Indonesia untuk meningkatkan kualitas daya saing SDM yang unggul di lingkungan perguruan tinggi. 

    Program DigiCampus atau Digital Transformation towards Smart Campus merupakan solusi digital yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia untuk mendukung perguruan tinggi mewujudkan kampus pintar (smart campus).

    Program ini dilakukan dengan cara roadshow ke kampus-kampus untuk sosialisasi serta bekerjasama terkait proses digitalisasi kampus.

    Awal Maret lalu, Telkom sudah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan dan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Sebelas Maret (UNS).

    Lalu, penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Universitas Padjadjaran (Unpad) mengenai Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat serta courtesy visit ke Universitas Gadjah Mada (UGM). 

    Baca juga: Perbanyak Talenta Digital, Telkom Collab dengan Kampus

    Sebagai bagian dari transformasi perusahaan menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat, Telkom sendiri memiliki tiga fokus bisnis digital, yaitu digital connectivity, digital platform, dan juga digital service.

    “Dengan kapabilitas yang ada, kami siap berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi melalui program DigiCampus, guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas perguruan tinggi di Indonesia berstandar global,” kata Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara yang didampingi EVP Divisi Enterprise Service Telkom, Teuku Muda Nanta. 

    Ada beberapa sistem yang telah disiapkan Telkom untuk mewujudkan digitalisasi kampus ini, mulai dari Smart System untuk mendukung operasional kampus seperti penerapan sistem e-parking, smart library, dan smart card, serta Smart Learning  untuk mendukung pembelajaran secara langsung seperti blended learning, smart classroom, dan e-akademik.

    Kemudian, ada Smart Building berbasis ICT yang mengintegrasikan telekomunikasi, building automation, system dan office automation untuk mengoptimalkan biaya, fungsi dan integrasi meliputi access control, koneksi triple play, WiFi, CCTV, alarm, sound system announcer, digital signage, dan lainnya. 

    Upaya Telkom juga diwujudkan lewat pengesahan kerjasama pelaksanaan program kerja bidang penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat dan optimalisasi sumber daya serta infrastruktur milik perusahaan dan perguruan tinggi.

    Kerja sama ini termasuk memanfaatkan potensi, sumber daya, riset, pendampingan dalam mewujudkan visi misi universitas seperti Unpad menjadi hybrid university, penyediaan program magang mahasiswa melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan lain-lain. 

    Tentunya, program ini disambut baik oleh pihak perguruan tinggi mulai dari Rektor UGM, Rektor Unpad, hingga rektor UNS. 

    Baca juga: Direktur Milenial Telkom: Talenta Digital Jadi Kunci Kemajuan Teknologi

    “Terima kasih atas dukungan Telkom kepada UGM selama ini untuk bersinergi dan bekerja sama, guna mewujudkan visi kami sebagai perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang inovatif dan unggul, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila,” kata Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono.

    “Kerjasama antara Telkom dan UNS selama ini demi menjadikan UNS sebagai universitas bereputasi internasional melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya guna dan berhasil guna, serta diseminasi hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian sehingga terjadi transformasi yang berkelanjutan,” ujar Prof. Dr. Jamal Wiwoho, Rektor UNS.

    “Dukungan Telkom kepada Unpad diharapkan dapat mendukung pembangunan ekosistem pendidikan dan pengajaran, serta penelitian yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, kompetitif, dan produktif,” ujar Rektor Universitas Padjajaran Prof. Dr. Rina Indiastuti.

    “Dengan semangat sinergi, Telkom yakin dan berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia melalui program DigiCampus berupa penyediaan solusi digital layanan ICT yang terintegrasi,” ujar Edi.

    Ke depannya, Telkom terus berkomitmen memperluas kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia agar mempercepat peningkatan kualitas SDM dalam negeri. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap upaya Indonesia melakukan leapfrog agar sejajar dengan negara-negara maju di dunia. 

     

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini