icon-category Startup

Dinikmati di 2022, Gojek Integrasikan Tiket KRL dengan GoTransit

  • 24 Nov 2021 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Gojek bersama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) telah membuat kolaborasi pertama di dunia dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan on-demand, untuk solusi perjalanan secara menyeluruh.

Kolaborasi strategis ini merupakan perwujudan dari visi kedua perusahaan mempermudah penggunaan

transportasi publik.

Integrasi ini ditargetkan mulai dinikmati oleh pengguna pada awal tahun 2022.

BACA JUGA: Resmi, Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

alt-img
Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id

1. GoTransit

Gojek dan PT KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang memungkinkan pengguna memesan layanan transportasi Gojek (GoRide dan GoCar) ke dan dari stasiun komuter sekaligus tiket kereta komuter langsung dari aplikasi Gojek hanya dalam satu kali bundle pembelian.

Nantinya, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja.

2. Membandingkan Harga

GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien lagi karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

3. Hubungkan Transportasi Publik

Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek mengatakan bahwa kolaborasi Gojek dengan PT KCI merupakan langkah awal perusahaan untuk bisa menghubungkan transportasi publik (middle mile) ke dalam ekosistem Gojek.

Berdasarkan data internal Gojek, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar

sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) untuk menuju dan dari

stasiun kereta api komuter di Jabodetabek.

"Hal itu menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek," kata Kevin dalam pernyataan resmi yang diterima Uzone.id.

4. Lokasi Stasiun

Sebelas  lokasi stasiun KRL Commuter Line dan Kereta Jarak Jauh juga menjadi titik berangkat dan tujuan yang paling sering dipesan pengguna layanan GoRide di Jabodetabek, bahkan apabila dibandingkan dengan lokasi lain seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun toko.

Sejalan dengan Gojek, PT KCI terus mendorong integrasi antarmoda transportasi publik untuk

meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi publik. Termasuk kemudahan masyarakat berpindah

antar moda.

BACA JUGA: Twitter Ujicoba Fitur Belanja saat Siaran Langsung

5. Milenial Pakai KAI Commuter

Roppiq Lutzfi Azhar, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia, mengatakan bahwa perusahaan membangun kolaborasi bersama Gojek yang sejalan dengan fokus kami untuk memudahkan masyarakat menjangkau stasiun kereta.

Layanan GoRide dan GoCar menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik

yang kadang masih sulit untuk dijangkau masyarakat.

“Dengan 70% lebih Millennials yang saat ini bergabung dengan KAI Commuter, kerja sama dengan Gojek

melalui layanan GoTransit ini kami harapkan dapat membuahkan inovasi dalam pelayanan masyarakat

khususnya pengguna Commuterline," kata Roppiq.

6. Kerja sama dengan Pemda DKI Jakarta

Gojek telah bekerja sama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian BUMN

RI dan Kementerian Perhubungan RI sejak tahun 2020.

Kerja sama itu untuk mengintegrasikan empat stasiun terpadu di DKI Jakarta, dengan menghadirkan layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Pasar Senen. Selain itu, Gojek juga menghadirkan titik jemput di 27 stasiun yang tersebar di Jabodetabek.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini