home ×
Gadget

Ditekan Xiaomi dan Oppo, LG Lepas Produksi Smartphone Low dan Mid

10 December 2020 By
Ditekan Xiaomi dan Oppo, LG Lepas Produksi Smartphone Low dan Mid
Share
Share
Share
Share

Foto: Korea Times

Uzone.id - Vendor asal Korea Selatan, LG akhirnya memutuskan untuk memfokuskan diri di bisnis smartphone high-end. Mereka memilih untuk menyerahkan produksi ponsel untuk segmen low dan mid kepada pihak ketiga.

Mengutip dari Reuters, Kamis, 10 Desember 2020, LG telah mengumumkan perubahan organisasi di divisi smartphone dalam perusahaannya. Tujuannya adalah lebih mengandalkan outsourcing untuk model ponsel low dan mid. Artinya, smartphone LG untuk kelas bawah dan menengah akan didesain dan diproduksi oleh pihak ketiga. Sedangkan LG hanya akan menyematkan label-nya saja.

Baca juga: Daftar Cashback Huawei, Sampai P40 Pro Juga Ada

Hal ini dilakukan LG untuk bisa lebih bersaing dengan vendor asal China seperti Huawei, Xiaomi, Oppo dan Vivo. Diakui LG, semua brand tersebut telah mampu memakan semua pangsa pasar low dan mid dalam beberapa tahun terakhir. LG, HTC sampai Sony pun terdesak karena vendor China itu mampu menghadirkan smartphone dengan harga yang lebih murah.

LG mengatakan masih akan berfokus untuk membuat perangkat smartphone untuk segmen kelas atas. Produksi smartphone high-end akan dilakukan sendiri. Maka dari itu, dengan meningkatkan outsourcing diharapkan bisa memberikan fokus kepada LG untuk bisa melakukan riset dan produksi di smartphone premium.

Baca juga: Cashback Rp5 Juta di Bukalapak, Bisa COD Juga

LG saat ini dikabarkan telah mengubah struktur karyawan dan memangkas sejumlah produksi, termasuk posisi riset dan pengembangan.

Saat ini, LG berada di posisi 9 dalam daftar produsen smartphone dunia, menurut laporan Counterpoint Research pada kuartal ketiga 2020. Pamor LG makin merosot, dikalahkan Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Realme. Pendapatannya pun terus menurun selama 22 kuartal terakhir.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id