Health

Empat Makanan Wajib untuk Sarapan Sehat

  • 22 March 2017
  • Bagikan :
    Empat Makanan Wajib untuk Sarapan Sehat

    Sarapan sehat merupakan sarapan yang mengandung gizi untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Terdapat empat grup makanan yang wajib ada di dalam sarapan pagi.

    Regional Nutrition and External Affairs Manager di CPW Asia-Middle East-Africa Ece Durukan mengatakan, ada empat grup makanan yang harus ada saat sarapan. Sarapan sehat akan menunjang 20 persen kebutuhan energi harian.

    Empat grup makanan itu antara lain, biji-bijian seperti sereal dengan gandum utuh atau roti gandum ini penting untuk menambah energi. Gandum utuh penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan vitamin. Kemudian susu atau yogurt, lalu buah-buahan dan terakhir kacang-kacangan seperti almond atau protein seperti telur.

    "Dengan komposisi tersebut didapatkan satu mangkuk (sarapan) dengan nutrisi lengkap," ujarnya saat Cereals Master Class Edukasi Pentingnya Sarapan yang digelar Nestle Breakfast Cereals di Modena Jakarta, Selasa (21/3).

    Ece menganjurkan sarapan dengan sereal. Sebab menurutnya selain praktis, kebutuhan akan nutrisi dapat dipenuhi.

    Menurut penelitian, kata Ece, mereka yang sarapan dengan sereal juga umumnya lebih rendah mengonsumsi garam sdan makanan berkolesterol. Penyajian yang mudah dan sederhana juga membuat orang tak akan melewatkan waktu sarapan.

    "Penelitian membuktikan orang yang makan sereal sarapan secara teratur memiliki asupan gizi yang lebih baik dan kemungkinan kecil tidak sarapan," katanya.

    Untuk komposisi sereal bagi orang dewasa dengan 45 gram sereal dicampur dengan buah-buahan, kacang-kacangan, serta susu. Untuk anak-anak porsinya lebih sedikt yakni 30 gram sereal ditambah buah, kacang-kacangan dan tentunya susu.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini