Auto

Evolusi Toyota Kijang Innova Setelah 15 Tahun di Indonesia

  • 20 October 2020
  • Bagikan :
    Evolusi Toyota Kijang Innova Setelah 15 Tahun di Indonesia

    New Toyota Kijang (Foto: Toyota Astra Motor)

    Uzone.id - Indonesia dipercaya untuk mengembangkan Kijang Innova ketika program IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) digulirkan pada tahun 2002. 

    Kijang Innova lahir pada 1 September 2004 dengan menerapkan semangat Genchi Genbutsu (mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya).

    Kijang telah melahirkan 6 generasi dengan total penjualan tertinggi di segmen Medium MPV yang hampir mencapai 2 juta unit per Agustus 2020.

    Pada awalnya, Kijang Innova terdapat 3 model, yakni tipe E sebagai entry level, tipe G di grade menengah, dan tipe V sebagai flagship.

    Setiap tipe punya pilihan mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc 4 silinder VVT-i bertenaga 136 PS dan torsi 182 Nm, dan mesin diesel 2KD-FTV 2.500cc D-4D common-rail turbo bertenaga 102 PS dan torsi 265 Nm, dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk tipe E hanya menyediakan transmisi manual 5-speed.

    Tahun 2006 mesin bensin mendapatkan Electronic Control Unit (ECU) sistem tertutup (close loop) sehingga lebih irit bensin, bertenaga, dan ramah lingkungan.

    BACA JUGA: Jajal Langsung Porsche Macan, Cayenne dan Cayman GTS

    Tahun 2005, Toyota menambah varian Kijang Innova dengan menggendong mesin bensin 2TR-FE 2.700cc 4-silinder VVT-i bertenaga 160 PS dan torsi 189 Nm dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

    Memakai basis 2.0 V, tipe mesin 2.7 V juga dilengkapi CD changer 6 keping, kontrol audio di setir, dan captain seat di bangku tengah. Namun, usia Kijang Innova 2.7 V tidak lama dan saat ini banyak diburu orang karena terbilang langka dan powerful.

    Tahun 2008 Kijang Innova sempat mendapatkan facelift pada gril dan bumper depan serta belakang. Sistem suspensi diatur ulang untuk meningkatkan kenyamanan dan sempat ada tipe G Captain Seat di model bensin yang eksklusif dan menambah kenyamanan penumpang.

    Tahun 2011, Kijang Innova kembali mendapat facelift dengan ubahan di sektor eksterior menggunakan lima garis horizontal dilapis krom. Model lampu depan juga diganti dengan ujung yang seakan bersayap dan berpadu dengan fog lamp.

    Tahun 2013, Kijang Innova kembali mendapatkan penyegaran. Yang paling kentara dan merupakan ciri khasnya adalah desain gril depan besar yang menginvasi bumper depan.

    Terdapat penambahan underguard body kit, serta desain fog lamp baru dengan lis krom. Bagian belakang juga ditambah garnish krom pada sisi tengah, yang dilengkapi mata kucing menyambung ke bagian lampu rem. Semua varian Kijang Innova dilengkapi Dual SRS Airbags, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force limiter.

    Kijang Innova Reborn 

    Toyota Kijang Innova TRD Sportivo (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id) 

    Kijang Innova Reborn meluncur dengan slogan ‘The Legend Reborn’ setelah 10 tahun eksis di Indonesia. Kijang Innova Reborn meluncur pada tahun 2015 mulai merubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga yang premium namun tetap mempertahankan DNA-nya yang durable, comfortable, serta peace of mind.

    Toyota menyederhanakan varian Kijang Innova Reborn dengan memperkenalkan 3 tipe G, V dan Q yang tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan sport sequential switchmatic.

    Kijang Innova Reborn masih menggunakan mesin yang sama, yakni 1TR-FE 2.000 cc 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 190 Nm.

    Berbeda dengan versi mesin diesel yang menggunakan dapur pacu baru dengan kode 2GD-FTV 2.400 cc 4-silinder VNT (Variable Nozzle Turbocharger) bertenaga 147 PS dan torsi 367 Nm sejak putaran 1.200 - 2.600 RPM.

    Pada bagian eksterior, lampu Kijang Innova Reborn mengusung desain baru yang memiliki lekukan lebih tajam dan mengotak yang disematkan pada kedua sisi gril segi 6 besar, di mana pada tipe Q sudah disertai aplikasi LED projector, sementara pada tipe G dan V menggunakan halogen multireflektor.

    Selanjutnya untuk lampu sein, diposisikan di samping fog lamp yang menjadi ciri khas unik bagi Kijang Innova Reborn. Pada tipe Q, terdapat lis krom sebagai pemanis mulai dari bagian bawah gril, gagang pintu, cover spion, hingga garnish belakang.

    Pada sisi kaki-kaki, velg pada tipe G dan V menggunakan diameter 16" warna silver, sementara pada tipe Q menggunakan velg 17" model palang lima.

    Di bagian belakang, terdapat lampu baru dengan mengadopsi desain vampire back. Selanjutnya pada sisi atas mobil, antena mobil sudah pakai shark fin di semua tipe.

    Perbedaan cukup signifikan terlihat pada interior. Pada tipe G dan V, joknya menggunakan bahan fabric warna coklat dengan motif loreng.  Sementara, pada tipe Q menggunakan jok dengan warna hitam.

    Head unit tipe G berukuran 7", sedangkan pada tipe V sudah menggunakan layar 8 inchi dan telah mengadopsi fitur multimedia lebih lengkap seperti smartphone connectivity, voice command, Bluetooth, HDMI, web browser, dan Toyota Move.

    Pengaturan head unit dapat dilakukan melalui setir di semua tipe yang sudah fleksibel dengan pengaturan stir secara tilt (naik-turun) dan telescopic (maju-mundur).

    Pada sisi pengemudi, Kijang Innova Reborn tipe G mengusung MID layar monokrom, sementara tipe V sudah full color. Lebih lanjut, pengaturan AC untuk tipe G masih menggunakan kenop, sementara tipe V dan Q sudah menggunakan model digital, di mana semua tipe sudah mengadopsi AC double blower. Menariknya, mulai dari tipe G hingga tipe Q sudah ada fitur mode berkendara yang bisa diatur dengan pilihan ECO dan POWER Mode.

    Dari sisi desain interior, Kijang Innova Reborn memancarkan aura premium yang memberi kenyamanan. Khususnya pada tipe Q, yang menghadirkan panel kayu di dashboard serta lapisan kulit pada setir kemudi.

    Lebih lanjut, head unit tipe Q sudah dilengkapi air gesture yang memungkinkan pengguna bisa mengatur audio tanpa menyentuhnya.

    Pindah ke baris kedua, Kijang Innova Reborn tipe Q pengaplikasian captain seat yang menawarkan kenyamanan dalam bermobilitas.

    Kijang Innova Venturer

    Tahun 2017, varian Kijang Innova bertambah satu varian dengan hadirnya Venturer yang dilengkapi dengan tambahan aksesori di beberapa sisi eksterior.

    Seperti body kit bumper depan, side skirt, body kit bumper belakang, hingga velg tipe Q berwarna hitam. Sementara untuk mesin, fitur, dan lainnya secara garis besar masih sama dengan tipe Q.

    New Kijang Innova

    New Kijang Innova (Foto: TAM)

    New Kijang Innova diluncurkan 15 Oktober 2020 dan terdapat varian baru, yakni Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi captain seat di kabin tengah layaknya tipe Venturer.

    Dengan hadirnya varian baru ini, pelanggan bisa memilih New Kijang Innova dengan 6 atau 7-seater sesuai dengan kebutuhan.

    New Kijang Innova Luxury dan New Venturer dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil. Healthy feature ini sangat pas untuk MPV perkotaan guna mendukung mobilitas keluarga Indonesia.

    Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16” Alloy Wheel.

    Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, dan New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish.

    Varian G terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp. Khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

    New Venturer mendapat ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille Design with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light.

    Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat New Dynamic 17” Alloy Wheel.

    Interior New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium. Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

    New Kijang Innova dan New Venturer juga didukung sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8” Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring.

    Pada varian V menggunakan New Versatile 9” Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9” Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

    Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

    Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags. Seluruh varian New Kijang Innova masih dilengkapi mesin seperti generasi sebelumnya, yakni mesin bensin 1TR-FE 2.000cc 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 190 Nm. Kemudian mesin diesel 2GDFTV 2.400 cc 4-silinder VNT (Variable Nozzle Turbo) bertenaga 147 PS dan torsi 367 Nm sejak putaran 1.200 - 2.600 RPM.

    VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition:

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini