home ×
Digilife

Facebook Bisa Lacak Aktivitas Web Kalian, Begini Cara Setopnya

11 May 2021 By
Facebook Bisa Lacak Aktivitas Web Kalian, Begini Cara Setopnya
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna, Facebook menghadirkan fitur privasi tahun lalu. Jika kalian belum pernah melakukan pengaturan di fitur ini, sekarang waktu yang tepat. Pengaturan privasi memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menghentikan Facebook melacak aktivitas web kalian.

Dalam menu Settings di Facebook, ada opsi Off-Facebook Activity yang memungkinkan kalian melihat dan mengontrol data yang dibagikan aplikasi dan situs web yang kalian akses. Kalian juga bisa memantau jenis informasi yang dapat diakses aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Dear Netizen +62, Semoga Fitur Facebook Ini Bisa Kurangi Penyebaran Hoaks

Dengan fitur privasi, kalian dapat menghapus riwayat pemakaian aplikasi dan web yang telah membagikan data. Kalian juga dapat menonaktifkan Off-Facebook Activity di masa mendatang. Dengan begitu, Facebook memutuskan informasi apa pun yang telah dibagikan perusahaan dari akun kalian.

Kalian juga dapat memilih perusahaan mana yang tidak lagi dibagikan riwayat aktivitas, sehingga tampilan iklan yang ditargetkan berhenti. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Off-Facebook Activity?

(Foto: Dok. Facebook)

Seperti dikutip Uzone.id dari CNET, dengan menggunakan fitur Facebook Business, pengguna sebenarnya bisa melihat informasi apa yang telah dikirim oleh aplikasi dan situs web ke Facebook. Dari sana, kalian dapat menghapus informasi dari akun dan menonaktifkan Off-Facebook Activity di masa mendatang.

Baca juga: Google Doodle Kenang Kelahiran Go Tik Swan, Pelopor Batik Indonesia

Cara menonaktifkan Off-Facebook Activity, yakni buka Settings & Privacy > Settings > Your Facebook Information > Off-Facebook Activity.
Di sini, kalian dapat mengatur Off-Facebook Activity, menghapus semua riwayat, dan mematikan aktivitas apa pun ke akun kalian di masa mendatang.

Setelah menghapus riwayat aktivitas, Facebook tidak akan tahu situs web mana yang kalian kunjungi atau apa yang kalian lihat. Jadi, kalian tidak akan melihat iklan yang ditargetkan dari situs-situs tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id