icon-category Digilife

Fakta Bjorka, Hacker yang Umbar Data dan 'Caper' ke Netizen +62

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id -- Nama "Bjorka" masih menempati peringkat pertama topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter dengan jumlah 136 ribu twit. Sebagai sosok yang mengaku hacker, Bjorka secara (tidak) langsung memang tampak 'caper' alias cari perhatian ke netizen Indonesia.

    Dalam kurun waktu satu bulan ini, ia mampu membuat pemerintah Indonesia kelimpungan dengan data-data rahasia yang ia retas.

    Bahkan, setingkat Badan Intelijen Negara (BIN) pun berhasil ia bobol. Dari akun Telegramnya, ia mengklaim berhasil membobol surat rahasia BIN untuk Presiden Joko Widodo.

    Dirinya turut membeberkan siapa dalang di balik pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib yang tewas akibat diracun saat perjalanan menuju Belanda 18 tahun lalu.

    Baca juga: Netizen Indonesia Memang Beda, Aksi Bjorka Dianggap 'Pahlawan'

    Jika kita kilas balik sejenak, aksi Bjorka ini berawal dari 1,3 miliar data SIM card yang terdiri dari NIK, nomor telepon, operator seluler, hingga tanggal registrasi.

    Dilanjut ia membocorkan 105 juta data milik warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

    Terbaru, ia membocorkan data pribadi milik pejabat Indonesia seperti Menkominfo Johnny G Plate; Dirjen APTIKA Semuel Abrijani Pangerapan; Ketua DPR RI Puan Maharani; Menteri BUMN Erick Thohir; hingga pegiat media sosial Denny Siregar.

    Dari aksinya tersebut namanya pun banyak dikenal dan menjadi buah bibir netizen dan media.

    Terlebih, dia juga membuat akun Twitter untuk menyebarkan aksinya tersebut dan banyak netizen yang mampir ke sana.

    Nah, berikut beberapa fakta unik Bjorka yang perlu Uzoners tahu!

    Retas data untuk balas dendam 'Si Teman'

    Media pada Minggu (11/9) digemparkan oleh aksi Bjorka yang membeberkan siapa dalang di balik pembunuhan Munir setelah ia ditantang netizen untuk mengungkapnya. 

    Ia pun menjawab tantangan tersebut dan mengungkap Muchdi Purwopranjono sebagai pelakunya.

    Bjorka mengungkapkan sendiri apa motif nekatnya membobol sejumlah data penting milik negara. Ia mengaku memiliki teman orang Indonesia yang tinggal di Warsawa, Polandia.

    Baca juga: Pakai Akun Twitter Baru, Bjorka 'Teror' Anies Baswedan

    Temannya menceritakan betapa kacaunya Indonesia di era sekarang. Menurutnya, para pemimpin teknologi di Indonesia diisi oleh orang-orang yang tidak paham benar soal teknologi, seperti politisi atau angkatan bersenjata.

    Bjorka pun ingin membantu temannya tersebut lewat aksi peretasan yang ia lakukan.

    Ngaku tinggal di Polandia

    Dilansir dari profil akun Twitternya, ia menyematkan lokasi di Warsawa, Polandia. Namun, belum bisa dipastikan benar apakah lokasi tersebut valid atau tidak.

    Jadi 'top influencer', tenggelamkan topik Sambo

    Pegiat media sosial, Ismail Fahmi mengatakan bahwa aksi Bjorka di Twitter masuk dalam kategori ‘top influencer’ posisi pertama yang berhasil menjangkau 15.645 akun.

    Ia bahkan melampirkan data dalam bentuk diagram dan urutan influencer paling top di Twitter.

    Setelah akun Bjorka, di posisi kedua, ada akun @opposite090192 yang berhasil menjangkau 10.839 akun, @daerktracer_int sebanyak 10.467 engagement, @mazzini-gsp 6149 engagement, dan @txtdaripemerintah sebanyak 5069 engagement.

    Tak hanya itu, Ismail turut mengunggah gambar berisikan urutan twet yang paling banyak di retweet netizen.

    Lagi dan lagi, akun @bjorka masuk dalam posisi atas di peringkat kedua. Cuitannya yang menuliskan “do u know that u and all your people no one can do this? because it’s been 21 days since my first leak, and all of u are still confused about where to start” berhasil di retweet sebanyak 10.250 kali.

    Foto: Twitter @ismailfahmi

    Ismail Fahmi turut mengunggah infografis soal tren topik paling banyak dibahas selama satu minggu terakhir. Ada 4 kategori teratas yaitu topik banjir, JIS, Sambo, dan Bjorka.

    Dimulai dari tanggal 4 September topik Bjorka terus mengalami peningkatan hingga puncaknya berada di tanggal 11 September dengan total 61.968 pencarian.

    Bahkan topik Bjorka ini membuat netizen melupakan sejenak kasus Ferdy Sambo dan Brigadir J yang sebelumnya banyak diperbincangkan netizen.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini