home ×
Gadget

Fitur-fitur di Smartphone yang Jadi Andalan Sekolah Online

16 October 2020 By
Fitur-fitur di Smartphone yang Jadi Andalan Sekolah Online
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Di era pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini, para orang tua tak bisa lagi memarahi anaknya saat mereka hanya rebahan sambil memegang smartphone. Apa daya, kata orang tua, anak-anak harus belajar di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona. Makanya mereka tidak bisa lepas dari smartphone.

Anak-anak pun mengaku hampir semua fitur di dalam smartphone milik teman sekolahnya, sama semua. Hal itu dikarenakan akan mempermudah mereka berinteraksi dalam kegiatan belajar. Mengerjakan tugas, membuat prakarya, ulangan harian, sampai ujian kenaikan kelas.

"Yang paling ribet itu kalau sudah harus mengerjakan tugas dalam bentuk video. Misalnya saat olahraga, kita harus merekam gerakan lari atau melempar bola. Itu jelas-jelas butuh kamera yang bagus, sedangkan hape yang kamera bagus harganya mahal," kata Hifran, siswa kelas 2 SMP di bilangan Jakarta Timur. 

Photo 1 - Galaxy A01 - Google Classroom_

Lain lagi dengan Sarah. Siswa SMA yang tahun ini akan lulus itu mengaku harus menghabiskan waktunya seharian untuk belajar. Tidak hanya belajar di kelas tapi juga ikut les bimbingan untuk menghadapi ujian kelulusan. Tidak heran jika dia kerap menghabiskan baterai smartphone-nya untuk melakukan Zoom tiap jam. Makanya dia butuh smartphone dengan baterai yang tahan lama.

"Kadang sehari bisa Zoom sampai 5-6 kali. Ya, harus dua atau tiga kali ngecas hape kalau pakai hape yang lama," ujar Sarah.

Hifran maupun Sarah juga setuju, kamera, layar dan memori penyimpanan yang besar juga dibutuhkan untuk menjamin kelancaran mereka bersekolah online. 

"Kamera selfie untuk nge-Zoom, layar besar biar bisa ngerjain kuis langsung dari hape, soalnya kadang pakai Google Classroom, pakai Quiziz, kan enak kalau ngerjainnya dari hape, sambil rebahan, sambil makan. Nah, tugas-tugas itu kadang ada yang harus didownload. Terus hasil rekam video juga kan harus disimpan di hape biar langsung kirim. Makanya, memori juga penting," kata Sarah panjang lebar.

Saat ini dipasaran, hampir semua vendor memamerkan smartphone yang mengklaim bisa untuk menunjang sekolah dari rumah. Namun terkadang, itu hanya gimmick. Spesifikasinya lengkap tapi harganya tak terjangkau. Atau harganya murah tapi lemot saat digunakan, atau baterainya cepat habis.

Salah satu yang cukup diincar oleh para pelajar biasanya adalah smartphone bermerek. Samsung menjadi salah satu incaran mereka karena kerap memberikan spesifikasi smartphone yang sesuai dengan kebutuhan, apalagi pelajar untuk sekolah online. Mereka ternyata memiliki tiga smartphone yang bisa diandalkan untuk sekolah online, tentunya dengan harga terjangkau.

Adalah Galaxy A01, yang pertama. Ponsel ini memiliki kamera selfie beresolusi 5MP dan dual kamera belakang beresolusi 13MP dengan aperture f/2.2, 28mm wide-angle dan 2MP dengan aperture f/2.4 dengan depth-sensor. Kameranya bisa diandalkan untuk Zoom atau Google Meet, atau merekam tugas video, dengan hasil yang bagus dan jernih.

Layarnya juga besar dengan ukuran 5,7 inci dengan 16M warna dan kemampuan merekam video Full HD pada 1080p@30fps. Ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 439 dengan pengaturan clock speed yang tinggi pada 2GHz dengan delapan inti ARM Cortex-A53, dikombinasikan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB yang dapat ditambah hingga 512GB.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
WahyuPutra 08 18 October 2020 | 05:00:28

hp ini sangat bagus

Satria Kelana 18 October 2020 | 02:04:32

kalau bisa sih harganya jangan terlalu mahal agar anak-anak bisa belajar dengan lancar

Muhammad Arigi 17 October 2020 | 22:21:41

wah sangat bagus dan saya minat untuk membelinya

Agong Agong 17 October 2020 | 12:00:53

wah bagus sekali aku ingin beli jadinya

Badrul Badrul 17 October 2020 | 11:56:37

wah keren sekali

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article