Digilife

Game Lokapala Bakal Dipertandingkan di PON ke-20

  • 18 December 2020
  • Bagikan :
    Game Lokapala Bakal Dipertandingkan di PON ke-20

     

    Uzone.id - Game lokal buatan pengembang Anantarupa Studios diberikan kesempatan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk masuk dalam cabang eSport Pekan Olahraga Nasional PON. Ajang olahraga se-Indonesia itu akan dilaksanakan pada Oktober 2021.

    Pihak KONI mengaku mulai khawatir dengan pertumbuhan esports dan industri game di Indonesia yang didominasi game asing. Menurut mereka, pertumbuhan esports dan industri game yang kian berkembang pesat, termasuk di Indonesia, membawa industri game menjadi industri konten digital nomor satu di dunia, walaupun di tengah pandemi COVID-19.

    Baca juga: Samsung Mulai Gulirkan Android 11

    Sayangnya, semua ajang turnamen esports yang digelar di Indonesia menggunakan game impor sebagai konten utamanya. Hal ini menciptakan tantangan yang berdampak pada lambatnya pertumbuhan industri game lokal, di
    mana 99 persen pendapatan game dikuasai oleh game-game impor, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan yang signifikan atas defisit neraca dagang Indonesia.

    “Kita tidak menutup game impor, tetapi Lokapala sebagai game esports lokal ini harus kita support bersama dan harus kita kasih kesempatan untuk bersaing dengan game impor secara berimbang," ujar Ketua Umum KONI, Letjen (Purn.) Norman Marciano, dalam keterangan resmi yang dikirimkan Anantarupa ke Uzone.id, Jumat, 18 Desember 2020.

    Baca juga: Vendor Ponsel ini Sengaja Sisipkan Malware

    Sepertiga dari total penduduk di Indonesia yang mencapai 100 juta orang, bermain game dan menyumbangkan 99 persen untuk pendapatan game impor. Norman menegaskan, ke depan dia berharap KONI bisa menjadi bagian penting dalam mempromosikan dan mendorong Lokapala sebagai game esports nasional.

    “Esports akan menjadi salah satu cabang eksebisi pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021 mendatang, yang bertempat di Papua. KONI melalui PB Esports akan memberikan kesempatan bagi Lokapala untuk dapat menjadi salah satu game yang dipertandingkan,” lanjut Norman.

    Lokapala merupakan game esports pertama dari Indonesia bergenre Multi Player Battle Arena (MOBA) dari Anantarupa Studios. Di balik kehadiran Lokapala, ada dukungan PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui anak perusahaannya, Melon Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini