Digilife

Gara-gara ‘Squid Game’, Permen Dalgona Jadi Tren di TikTok

  • 12 October 2021
  • Bagikan :
    Gara-gara ‘Squid Game’, Permen Dalgona Jadi Tren di TikTok

    Foto: dok. Netflix

    Uzone.id -- Bagi yang sudah nonton ‘Squid Game’, sini merapat. Bagi yang belum, bisa jadi malah bingung ketika bermain TikTok lalu netizen dari berbagai negara ramai-ramai membahas dan menggunakan efek “permen dalgona”.

    Yup, jika tahun lalu netizen di Indonesia dan negara lain sibuk meracik minuman bernama kopi dalgona, kini muncul lagi istilah “permen dalgona”. Semua gara-gara tayangan ‘Squid Game’ yang membuat kue kering ini menjadi populer.

    Serial Netflix ini memang begitu memikat, sampai-sampai banyak hal di dalamnya yang mendadak jadi tren di media sosial. Mulai dari game ‘Lampu Merah, Lampu Hijau’, hingga kini permen dalgona.

    Baca juga: 'Squid Game' Jadi Calon Tayangan Terpopuler Sepanjang Sejarah Netflix

    Jika kalian sudah nonton, tentu masih ingat tantangan di episode 3 berjudul ‘The Man with the Umbrella’ yang memperlihatkan para peserta permainan yang harus memecahkan bentuk segitiga, bulat, bintang, atau payung yang berada di tengah kue yang terbuat dari sarang madu.

    Sebenarnya makanan ini banyak yang menyebutnya permen atau gula-gula honeycomb (sarang madu) yang terbuat dari perpaduan gula dan baking soda, namun mendadak viral dengan nama “dalgona candy” -- ada juga yang menyebutnya “dalgona cookie”.

    Tak tanggung-tanggung, di TikTok sampai ada efek sendiri yang diberi nama “Toffee Game” atau “Game Permen Dalgona” dengan ikon bulat yang mirip dengan kue dalgona di ‘Squid Game’ lengkap gambar payung yang begitu ikonis.

    Baca juga: Tokopedia hingga Shopee Jual Barang Ikonis Khas 'Squid Game'

    Dari pantuan Uzone, efek ini sudah dimainkan di 104 ribu lebih video TikTok. Cara mainnya pun menarik, pengguna tinggal merekam video dan langsung melakukan gerakan menghapus pinggiran di luar bentuk permen agar bisa menang. Efek ini mengikuti gerakan atau arah hidung pengguna untuk menghapus bagian luar bentuk yang disajikan.

    Jika gerakan hidung kita malah merusak bentuk di bagian tengah, permainan langsung berhenti dan kita kalah.

    Efek permen dalgona di TikTok. (Foto: Uzone.id)

     

    “Kru produksi dan saya sering bercanda tentang bagaimana serial kami membuat kegilaan dalgona, seperti halnya serial ‘Kingdom’ di Netflix dengan topi tradisional Koreanya, tapi saya takjub hal ini benar-benar terjadi,” tutur kreator dan sutradara ‘Squid Game’, Hwang Dong-hyuk kepada Korea Times.

    Belum lagi konten video di TikTok yang memperlihatkan cara membuat permen dalgona, tentunya dengan gambar atau bentuk yang beragam di bagian tengah. Ada yang memberikan gambar unicorn, bunga, dan lain-lain.

    Di tengah ‘demam’ dalgona ini, tak sedikit juga netizen yang merasa terganggu dengan sebutan ‘Squid Game cookie’ untuk permen dalgona ini, mengingat ia adalah cemilan tradisional Korea yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya.

    Namanya juga hal-hal viral, pasti akan selalu menghasilkan dua sisi dari tiap koin. Menurut kalian gimana?

    VIDEO: Unboxing Vivo X70 Pro

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini