icon-category Digilife

Gedung Cyber 1 Kebakaran, Netizen Keluhkan Beberapa Aplikasi Down

  • 02 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Jordan Harrison (Unsplash)

    Uzone.id - Gedung Cyber 1 mengalami kebakaran pada pukul 12:34 WIB, Kamis, (02/12/2021). Gedung ini terletak di jalan Kuningan Barat Raya, Mampang, Jakarta Selatan.

    Gedung yang didirikan pada tahun 1995 ini merupakan gedung yang dipilih perusahaan-perusahaan baik itu kecil hingga besar sebagai kantor dan pusat data center atau akses data.

    Beberapa perusahaan seperti PT Karyagraha Nusantara, PT IP Teknologi Komunikasi, PT Indo Pratama Cybernet, APJII, IIX, dan pusat Internet Exchange Indonesia serta puluhan perusahaan internet lainnya berkantor di Gedung Cyber.

    Hingga saat ini, setidaknya ada 2 korban jiwa akibat kebakaran ini. Belum diketahui penyebab awal kebakaran ini, namun dampak dari peristiwa kebakaran Gedung Cyber telah dirasakan banyak pihak.

    Beberapa layanan web hosting, game, dan aplikasi mengalami gangguan setelah peristiwa ini terjadi. 

    Baca juga: Daftar Aplikasi yang Terdampak Kebakaran di Gedung Cyber 1

    Salah satunya adalah layanan tiket M-Tix dan TIX ID yang tidak bisa diakses pengguna saat membeli tiket secara online.

    “Karena adanya kebakaran di Gedung Cyber 1, maka transaksi di MTix dan TixID sementara belum dapat dilakukan,” tulis akun @txtanakbioskop.

    Penyedia web hosting Rumahweb Indonesia juga menyampaikan bahwa adanya pemadaman listrik data center sehingga server Rumahweb tidak bisa diakses.

    Layanan web hosting Niagahoster juga mengalami hal serupa, dalam akun twitternya, pihak layanan menyampaikan bahwa kebakaran Gedung Cyber menyebabkan gangguan pada servernya.

    Situs dan layanan Ajaib (Investasi) dan Indo Premier Sekuritas atau IPOT juga mengalami gangguan yang sama akibat peristiwa ini.

    Selain layanan di atas, warganet juga mengeluhkan beberapa aplikasi e-commerce dan aplikasi keuangan mengalami gangguan akses.

    “Gedung cyber 1 kebakaran, tadi twitter error gak bisa buka di pc, tp di hp lancar. Terus sekarang internet kantor mati semua, dan shopee gue logout sendiri dan blm bisa login. Hhhh,” tulis salah satu warganet.

    “Shopee lagi error, katanya ada hub sm kebakaran gedung cyber. Sementara jangan transaksi lewat Shopee dulu, tadi aku tarik dana udah 3 jam lebih gak masuk. Padahal biasanya ga sampe 1 jam. +Jangan panik juga yang saldonya hilang. Doain semoga selesai ditangani ya,” tulis akun lain.

    Beberapa pengguna mengaku akun Shopee mereka ter- log out dengan sendirinya.

    “Ini shopee error yaa? tadi ke log out sendiri. Plis yg liat ini jawab aku ya ntar, aku tadi udah tf kan tapi pas aku login lagi dan coba cek pesananku sudah kebayar apa blm, nah dia masih blm dibayar gituuu, itu udh kebayar apa blm yaa?”

    “Gedung cyber kebakaran kak, jadi ngaruh ke data beberapa web deh(?). Shopee ku aja ke log out sendiri,” tulis akun @octopusparkm.

    Selain Shopee, beberapa warganet mengeluhkan aplikasi keuangan seperti Gopay dan M-Banking mengalami gangguan.

    “Banyak sekuritas Indo sama transaksi e-money yang satu data server penempatannya di Gedung Cyber 1 ini, mBCA sama shopeepay salah satunya,” tulis salah satu akun.

    “Sampai saat ini yg diketahui terkena efek kebakaran gedung cyber  1 adalah: Biznet, Shopee, BCA, mandiri, m-tix,BEI, Ajaib,”

    “Oh ini linebank, Shopee , JD.ID, Blibli dkk error dr siang gara-gara kebakaran di gedung cyber HAHA , dan denger-denger ini uda kebakaran ke 4 dalam 10 tahun ke belakang ini , ngeri... Semoga para stakeholder lebih pertimbangin pakai jasa itu gedung ke depannya ya,” tulis warganet lain.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini