icon-category Digilife

Giliran TikTok yang Nyontek Instagram Soal Fitur Ini

  • 23 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Franck/Unsplash

    Uzone.id - Persaingan dua platform video Instagram dan TikTok memang gak ada habisnya, ya. Setelah tahun kemarin Instagram nyontek fitur yang ada di TikTok, kali ini giliran TikTok yang ikut-ikutan hadirkan fitur ‘Subscription’ seperti Instagram.

    Meski kedua platform ini baru dalam tahap uji coba fitur langganan untuk beberapa pengguna, tapi Instagram sedikit lebih dulu mengumumkan fitur ini ke penggemarnya lewat postingan sang CEO, Adam Mosseri di media sosialnya.

    Baca juga: Hey Instagram, Rajin Banget Rilis Fitur Baru buat Nambah Cuan Kreator

    Dikutip dari Pocket Lint, fitur langganan ini memungkinkan para kreator untuk meminta imbalan jika ingin melihat konten eksklusif mereka, mirip dengan yang diumumkan Instagram.

    TikTok belum mengumumkan kapan fitur ini resmi diluncurkan ke publik, namun beberapa kreator saat ini sedang menguji fitur tersebut.

    Dalam pernyataannya, fitur ini digambarkan sebagai sebuah ‘konsep’ dan ‘cara baru untuk membawa value bagi komunitas dan memperkaya pengalaman TikTok.

    Belum diketahui bagaimana struktur pembayarannya, namun fitur ini akan sangat menarik karena para kreator akan berlomba-lomba membagikan konten eksklusif mereka untuk pengguna berbayar.

    Baca juga: 6 Fitur Ini Bisa Jadi Sumber Cuan di Instagram

    Di Instagram sendiri, kreator bisa menggunakan fitur Subscription dengan memasang harga USD0,99 hingga USD99,99 per bulan. Mereka bisa mengakses IG Live dan Stories eksklusif untuk pelanggan berbayar mereka. Selain itu, followers yang berlangganan akan mendapat lencana ungu untuk menunjukkan kalau mereka adalah subscriber si kreator.

    Sebelumnya, Facebook, YouTube dan Twitter sudah lebih dulu menghadirkan fitur ini di platform mereka untuk memberikan cara baru bagi kreator dalam mendapat penghasilan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini