home ×
Digilife

Google Akan Matikan Layanan Cloud Print di Tahun Baru 2021

30 December 2020 By
Google Akan Matikan Layanan Cloud Print di Tahun Baru 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Satu lagi layanan Google yang resmi akan dimatikan, yakni Cloud Print. Layanan ini tidak akan lagi bisa digunakan mulai awal tahun baru 2021 dan tidak bisa lagi diakses oleh para pengguna ChromeOS dan yang lainnya.

Kebanyakan pengguna internet mungkin tidak pernah menggunakan Cloud Print, bahkan sekalipun. Padahal layanan ini ditujukan untuk para pengguna ChromeOS yang memiliki akses terbatas atau tidak memiliki akses ke printer tradisional sama sekali.

Baca juga: Google Kepincut Bikin Kamera Tersembunyi di Pixel

Namun, dilansir dari TechSpot, Rabu, 30 Desember 2020, sekarang ChromeOS sudah mensupport banyak perangkat printer berbagai tipe dan merek. Inilah yang akhirnya menyebabkan Cloud Print secara efektif menjadi tak dilirik lagi. Lagipula, fiturnya pun sudah usang dan tak kekinian sehingga tak ada alasan bagi Google untuk mempertahankannya.

Cloud Print akan resmi dimatikan pada 31 Desember 2020. Tinggal sehari lagi. Oleh karena itu Google menyarankan para pengguna ChromeOS untuk mulai mencari cara lain guna memenuhi kebutuhan pencetakan sebelum akhir tahun 2020. Atau bisa juga melakukan migrasi dari Cloud Print.

Baca juga: Pixel, Oppo, Vivo dan Xiaomi Rilis Ponsel Lipat Tahun Depan?

"Mulai 1 Januari 2021, Google Cloud Print tidak akan lagi support. Perangkat di semua sistem operasi tidak dapat mencetak dengan Google Cloud Print," kata pihak Google dalam laman supportnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article