home ×
Gadget

Google: Chromebook Buatan Indonesia Akan Diekspor

04 August 2021 By
Google: Chromebook Buatan Indonesia Akan Diekspor
Share
Share
Share
Share

SPC Chromebook (Foto: YouTube)

Uzone.id - Google Indonesia resmi luncurkan Chromebook buatan lokal atau Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama dengan menggandeng enam brand lokal, yakni: Evercoss, SPC, TSMID, Zyrex, Advan, dan Axioo.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, mengatakan bahwa perusahaan telah lama menjadi pionir dalam menghadirkan teknologi yang terjangkau di ruangan kelas, dan pandemi covid 19 semakin menunjukkan makin pentingnya alat-alat yang tepat untuk bekerja sama dan untuk belajar jarak jauh.

“Lebih 170 juta pelajar dan mengajar di seluruh dunia, mengandalkan alat-alat kami, tahun lalu saat sekolah menjalankan sistem sekolah jarak jauh karena pandemi. Kami menghubungi Kemendikbud Ristek mencari tahu bagaimana kami bisa membantu,” kata Randy Jusuf di acara "Google for Education dan peluncuran Chromebook buatan Indonesia tahun 2021", Selasa (4/8/2021).

BACA JUGA: Daftar Chromebook Acer yang Siap Pasok “Laptop Pelajar”, Berapa Harganya?

Randy menambahkan, peralihan ke metode belajar mengajar dari rumah terjadi hampir sekejab dan kami tahu bahwa pengajar dan pelajar harus cepat beradaptasi.

Google, kata Randy, menganggap tantangan ini bisa dibagi menjadi tiga pilar: menyediakan akses ke teknologi, membantu memperbaiki infrastruktur digital, dan melancarkan peralihan ke sistem belajar jarak jauh.

“Untuk poin pertama, saat mengajar harus dilakukan online, kami tahu bahwa kuota data internet akan menjadi bermasalah,” kata dia.

Menurut Randy, kuota data internet akan memakan banyak biaya sehingga Google bekerjasama dengan operator-operator seluler di Indonesia untuk menyediakan paket data gratis bagi 10 ribu pengajar dalam Guru Berbagi di bawah Kemendikbud Ristek.

Dia kemudian menjelaskan, para pengajar yang mendaftar mendapat kuota 30GB untuk 90 hari agar mereka lebih mudah beralih ke sistem belajar jarak jauh.

Google, kata Randy, membantu Kemendikbud Ristek untuk memodernisasi teknologi pendidikan secara nasional.

“Saat ini, kami senang sekali bisa mengumumkan bahwa jumlah jenis laptop yang menggunakan Chrome OS akan dibuat di Indonesia dengan dukungan Kemendikbud Ristek," ungkapnya.

Randy juga mengatakan, "Kami bekerja sama dengan enam produsen lokal atau OEM untuk merakit Chromebook di Indonesia. Ini adalah pertama kalinya produsen Indonesia membuat Chromebook untuk Indonesia dan pasar ekspor,” beber dia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id