icon-category Digilife

Google Tawarkan 1.000 Beasiswa buat Anak Muda, Dapat Sertifikat 'Sakti'

  • 25 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Benjamin Dada/Unsplash

    Uzone.id - Digital talent saat ini sangat dibutuhkan di Indonesia, bahkan Indonesia saat ini membutuhkan sekitar 600 juta digital talent per tahun untuk memenuhi target 9 juta digital talent di tahun 2030 mendatang.

    Oleh karena itu, butuh banyak tangan untuk memenuhi gap ini, salah satunya adalah kontribusi dari Google dengan program globalnya Grow with Google untuk menyediakan program Google Career Certificate.

    Program sertifikasi profesional ini dirancang untuk pekerjaan tingkat pemula, ada 2 modul yang telah dihadirkan oleh Google. Yang pertama adalah IT Support dan yang terbaru adalah Analis Data (data analyst). Dan selanjutnya, Google berencana untuk menghadirkan 2 modul lain, yaitu UX Design dan juga Project Management sesuai dengan kebutuhan digital talent di Indonesia.

    Untuk beasiswa kali ini, Google memberikan beasiswa kepada sekitar 10 ribu orang di Indonesia lewat program Career Certificate ini, 5 ribu di antaranya diberikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendukung program Digital Talent Scholarship.

    Baca juga: Google Siapkan Rp29,3 Miliar untuk Pinjaman ke UMKM Lokal

    Sebelumnya, Google telah memberikan sekitar 20 ribu beasiswa kepada orang-orang yang telah terpilih untuk mengikuti sertifikasi IT Support yang dihadirkan akhir tahun lalu.

    Lewat partner yang telah bekerja sama dengan Google, (INCO dan Plan International), program ini akan sangat bermanfaat bagi para talenta digital yang ingin meningkatkan skill digital mereka di bidang teknologi, khususnya Data Analyst.

    Mengenai pendaftaran Google Career Certificate peserta bisa mengaksesnya lewat link ini. Selain beasiswa, calon peserta juga bisa mendaftar program sertifikat karir ini secara berbayar dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp199 ribu per bulannya.

    Untuk informasi beasiswa Google Career Certificate, calon peserta bisa mengakses informasinya lewat partner Google, INCO dan Plan International Indonesia.

    Di program Career Certificate ini, Google memberikan kesempatan sebebas-bebasnya kepada siapapun yang memiliki keinginan untuk meningkatkan skill digital mereka sehingga akan memudahkan mereka dalam meraih karir yang diinginkan.

    Salah satu impact dari adanya sertifikat ini adalah orang-orang yang mungkin mengalami kesusahan mencari kerja atau ingin berganti karir akhirnya mendapatkan panggilan dari perusahaan yang mereka inginkan.

    Muriel Makarim selaku Head of Brand Marketing Google Indonesia dalam acara Uzone Talks, Rabu (25/05/2022), mengatakan kalau sertifikasi ini tidak ada kualifikasi dan siapapun bisa mengikuti kursus ini.

    “Siapapun bisa, tak harus lulusan SMA atau lulusan kuliah. Gak mesti khusus untuk IT sebelumnya, gak ada pre-requisite sama sekali. Anyone literally can take it,” kata Muriel.

    Salah satu yang menjadi kelebihan alias 'kesaktian' dari Google Career Certificate ini adalah kesempatan untuk melamar dan direkrut oleh perusahaan partner Google.

    Setelah lulus sertifikat ini, Google tak langsung lepas tangan. Raksasa teknologi ini memiliki mitra perusahaan yang mencari talenta-talenta digital seperti ini dan sangat tertarik dengan lulusan Google Career Certificate ini. Contohnya adalah Gojek dan Tokopedia.

    Baca juga: Bagaimana Membangkitkan Nasionalisme dengan Teknologi Informasi

    Tahun ini akan menjadi tahun pertama Google menghadirkan Career Fair untuk Google Career Certificate dimana peserta yang sudah lulus dan berpotensi akan diberi akses terhadap perusahaan-perusahaan yang bermitra dengan Google.

    “Kami harapkan bisa banyak membantu orang-orang dalam mencari pekerjaan,” tambah Muriel.

    Muriel juga mengatakan bahwa Main Objective dari program Google Career Certificate ini adalah untuk close the gap talenta digital yang dibutuhkan Indonesia (9 Juta di tahun 2030 dan 600 juta per tahunnya).

    “Seperti yang kita tahu, Google sebagai salah satu pemain industri teknologi terbesar perlu melakukan sesuatu terhadap hal ini,” ungkap Muriel.

    “Ini adalah yang ingin kita distribusikan, karena tentunya the more digital talent we have, the better the economy,” tambahnya.

    Sertifikat ini nantinya bisa dicantumkan oleh peserta dalam CV mereka ketika melamar kerja. Kelebihan lainnya dari Google Certificate Career ini adalah adanya beberapa kelas dalam satu modul yang mana bakal jadi modal yang berharga bagi para jobseeker ketika memasukkannya dalam CV.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini