home ×
Digilife

Hacker Jual Data Tokopedia Senilai Rp74,6 juta ke Dark Web

11 May 2020 By
Hacker Jual Data Tokopedia Senilai Rp74,6 juta ke Dark Web
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Serangkaian pencurian data di dunia maya yang terjadi belakangan ini mencemaskan banyak orang. Sekelompok hacker diketahui tak hanya mencuri data dari platform luar negeri, tetapi juga menjual data Tokopedia.

Mengutip Endgadget, ZDNet telah mempelajari bahwa kelompok hacker ShinyHunters menjual sekitar 73,2 juta data pengguna. Para hacker menjual akun yang mereka curi dari berbagai situs.

Baca juga: Bhinneka.com Lakukan Investigasi Pencurian 1,2 Juta Akun Pengguna

Endgadget menyampaikan lebih jauh asal data-data yang dicuri hacker. Sekitar 30 juta data pengguna berasal dari aplikasi kencan Zoosk asal San Francisco, Amerika Serikat (AS). Sementara itu, 15 juta data pengguna berasal dari layanan percetakan Chatbooks asal San Francisco, AS.

Sisa akun yang dicuri berasal dari berbagai situs, termasuk media Star Tribune asal AS (1 juta), situs fashion dan furniture asal Korea Selatan (total 8 juta), dan media Chronicle of Higher Education asal Washington, D.C., Amerika Serikat (3 juta).

Baca juga: Kronologi 1,2 Juta Akun Pengguna Bhinneka.com Dibobol

ShinyHunters juga mengklaim telah mencuri 500GB dari repositori privat di situs coding GitHub dan masuk ke toko online Tokopedia pada awal Mei 2020.

Serangan yang dilakukan ShinyHunters terhadap GitHub dianggap sebagai yang paling sensitif. Namun belakangan diketahui bahwa ShinyHunters menjual data Tokopedia dengan harga USD 5.000 (sekitar Rp74,6 juta). Apa yang dilakukan ShinyHunters kepada Tokopedia dipandang sebagai perampasan uang, mengingat mereka melakukannya dalam skala besar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 22:23:43

mungkin sangat sulit sekali untuk menangkap pelakunya

Yudians 11 May 2020 | 22:12:33

usut dan tangkap pelakunya

Darma Boy 11 May 2020 | 18:01:34

harus lebih waspada supaya tidak terulang,karna bisa berbahaya dan merugikan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id