Gadget

Hal-hal yang Kami Sukai dari Huawei MateBook 14s

  • 14 January 2022
  • Bagikan :
    Hal-hal yang Kami Sukai dari Huawei MateBook 14s Foto: Uzone.id/Yudi Agustia

    Uzone.id – Ini adalah MacBook… oops, bukan. Ini adalah Huawei MateBook 14s, laptop baru Huawei yang dirilis beberapa waktu lalu yang ditargetkan untuk anak-anak muda penuh produktivitas.

    Sekilas memang mirip MacBook, tapi ini adalah laptop yang bisa menyaingi MacBook dari segi fitur dan performa, dan harganya pun bersaing, yaitu Rp16,99 juta.

    Ada beberapa hal yang kami suka saat menjajal Huawei MateBook 14s selama satu pekan.

    Desain kece
    Kita mulai dari dimensi dan bobotnya. Laptop ini mempunyai lebar 313,82 mm, ketebalan 16,7 mm, dan panjang 229,76 mm. Ukuran ini termasuk cukup, karena nggak terlalu kecil, dan nggak terlalu besar.

    Desainnya juga minimalis dan tetap terlihat keren menggunakan bahan aluminium alloy yang kokoh, ditambah rancangan pinggiran yang berlapis chrome tipis yang membuatnya jadi lebih cantik. Untuk anak-anak muda, desain seperti ini yang pasti jadi incaran karena nggak berlebihan.

    Bobotnya juga ringan, yaitu 1,43 kg. Anak-anak muda yang mobilitasnya tinggi, atau memang tipe yang lebih suka remote working, Huawei MateBook 14s bakal praktis dibawa ke mana-mana. Nggak bikin ribet, intinya.

    Foto: Uzone.id/Yudi Agustia

     

    Performa maknyus
    Urusan performa, Huawei MateBook 14s ini dibekali prosesor Intel Generasi 11 Core i5 3.10 GHz yang disandingkan dengan RAM 8 GB dan hard disk 512 GB SSD.

    Sementara grafisnya sudah on-board menggunakan teknologi dari Intel iRis X Graphics.

    Dengan ‘jeroan’ seperti ini, prodiktivitas harian seperti editing video terasa ringan dan tetap kencang meskipun yang diolah adalah data-data yang cukup berat.

    Bahkan, meskipun Huawei nggak menggembar-gemborkan MateBook 14s ini sebagai laptop gaming, aktivitas bermain game pun tetap mulus dan tahan lama. Mungkin berkat daya baterainya yang mencapai 60Wh, serta fast-charging berkekuatan 90 watt.

    Kalau dipakai untuk produktivitas lain yang membutuhkan banyak bantuan ‘layar’ tambahan’, tinggal aktifkan multi-screen collaboration yang memungkinkan kita berbagi dengan perangkat Huawei lainnya. Entah itu tablet bahkan sampai earbuds.

    Fitur khas Huawei ini juga bisa dioperasikan dengan baik, minim lag atau kendala teknis, dan nggak serta merta membuat perangkat jadi boros baterai atau overheat.

    Layar mulus dan ‘hidup’
    ini dia hal yang cukup menonjol dari Huawei MateBook 14s. Laptop ini punya layar 14,2 inci dengan aspek rasio 3:2 dengan screen-to-body ratio sebesar 90 persen. Kebayang ‘kan bezelnya setipis apa?

    Resolusi layarnya mencapai 2,5K atau 2520x1680 dan refresh rate mencapai 90Hz untuk memanjakan mata. bisa juga diatur ke 60 Hz saat baterai sudah menipis.

    Tingkat kecerahan Huawei MateBook 14s ini mencapai 400 nits dengan kontras rasio 1.500:1. Tak lupa, laptop ini juga mempunyai Color Depth 1,07 miliar warna dan touch screen dengan 10 point multi-touch screen.

    Foto: Uzone.id/Yudi Agustia

     

    Kalau boleh jujur, saya lebih sering menggunakan touch screen-nya dari pada mouse pad, karena mulus dan serba presisi.

    Dengan spesifikasi layar seperti ini, kita bisa mendapatkan pengalaman menonton konten video, film atau serial, serta aktivitas editing video yang memuaskan. Semua terasa tajam, mulus, dan ‘hidup’. Intinya sih, bikin semangat kerja.

    Sisanya, Huawei MateBook 14s ini dilengkapi empat speaker bawaan, dan audio bass dan treble-nya ternyata cukup terasa.

    Ada juga fitur keamanan yang dibekali teknologi face recognition dan sensor sidik jari yang mudah dioperasikan.

    Kesimpulan
    Dengan banderol Rp16,99 juta, warna yang ditawarkan pun termasuk aman. Produk yang saya pakai ini berwarna Space Grey, makanya semakin mirip dengan MacBook. Tapi kalau bosan dengan warna monoton, Huawei menyediakan varian Space Green.

    Laptop ini begitu jelas menargetkan anak-anak muda yang membutuhkan performa apik, layar yang membuat kita betah di depan laptop, dan fitur yang dibutuhkan untuk sehari-hari.

    Huawei MateBook 14s jelas menjadi pesaing dari laptop di kelasnya, khususnya MacBook dari Apple. Laptop ini layak direkomendasikan bagi kaum milenial yang memiliki bujet di bawah Rp20 juta dan masih nyaman menggunakan OS Windows.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini