icon-category Sport

Hamilton kalah di GP Australia, Mercedes menduga ada kesalahan software

  • 25 Mar 2018 WIB
  • Bagikan :

    Tim Mercedes Formula 1 menduga ada kesalahan perangkat lunak (software) yang menyebabkan Lewis Hamilton kalah dari Sebastian Vettel pada balap pembuka Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Albert Park Melborune, Australia, Minggu.

    Hamilton yang memulai balapan dari posisi terdepan dilewati oleh Vettel  yang keluar dari pit saat adanya virtual safety car (VSC) yang menangani gangguan pada mobil Romain Grosjean.

    Melihat posisinya diambil Vettel, Hamilton pun kebingungan karena sebelumnya tidak ada peringatan bahwa Vettel sudah mendekat untuk menyalipnya.

    Pihak Mercedes pun menilai bahwa perangkat lunak pada program di mobil Hamilton tidak menyadari bahwa Vettel sudah melewatinya.

    "Kami pikir kami memiliki margin sekitar tiga detik, jadi kami perlu bertanya pada komputer dan itulah yang kami lakukan saat ini," kata pimpinan Mercedes Motorsport Toto Wolff kepada Skysports seusai balapan.

    Baca: Vettel lewati Hamilton juarai GP F1 Australia

    "Jika kami memiliki masalah perangkat lunak di suatu tempat, kami harus memperbaikinya," tegas dia.

    Wolff menduga masalah itu muncul karena sistem software Mercedes tidak menghitung dengan benar jarak antar pebalap di lintasan selama perlombaan.

    "Ini adalah situasi yang belum kami miliki dengan situasi khusus pada banyaknya mobil di lintasan, jadi jarak yang kami butuhkan dihitung dengan keliru oleh sistem," katanya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini