icon-category Auto

Harga GR Yaris Sudah Tidak Masuk Akal, Tembus Rp1,5 M!

  • 15 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Toyota GR Yaris (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Toyota Astra Motor (TAM) cuma menjual GR (Gazoo Racing) Yaris sebanyak 126 unit di Indonesia. 

    Namun, Anton Jimni Suwandy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor mengatakan bahwa dirinya sempat memperkirakan masyarakat Indonesia yang kepincut dengan GR Yaris sekitar 200 orang yang SPK, ternyata membludak hingga tiga kali lipat.

    "Perkiraan kami paling hanya 200 orang yang SPK, ternyata sampai 600. Jadi harus di undi. Saya aja sudah sempat SPK, tapi gak dapet," ujar Anton Jimni Suwandy kepada Uzone.id di sebuah acara di Edutown, BSD City, Tangerang, Banten, pada 21 Oktober 2021.

    BACA JUGA: Xpander Sumbang Hampir Setengah Penjualan Mitsubishi di November 2021

    Apa yang terjadi ketika permintaan GR Yaris yang begitu banyak tidak diimbangi dengan jumlah unitnya?

    Influencer Arief Muhammad baru-baru ini membagikan harga GR Yaris yang telah dijual lagi oleh pemilik pertama di market place.

    Tangkapan layar dari market place memperlihatkan harga GR Yaris saat ini sudah menembus Rp1.500.000!

    Toyota GR Yaris (Foto: Uzone.id)

    "Diskusi yuk. Kaget juga semalem pas buka situs jual beli mobil. Harga GR Yaris perlahan tapi pasti naik terus. Sekarang 1 unit GR Yaris sudah setara dengan 3 unit Pajero/Fortuner baru. Lebih mahal dari Alphard baru, bahkan lebih mahal dari Mini Cooper seri tertinggi tipe apapun di Indonesia. Gimana pendapat kalian? Masih worth it, investasi yang baik, atau “skip ah, beli yang lain aja?" tulis Arief Muhammad, salah satu orang yang beruntung mendapatkan unit GR Yaris.

     
     
     
     
     
    Lihat postingan ini di Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Sebuah kiriman dibagikan oleh ariefmuh (@ariefmuhammad)

    Seorang netizen di kolom komentar menanggapi postingan Arief Muhammad tersebut. "Yah begitu dah, pesanan 1000++ lebih tapi kuota cuman 126 unit dari 25,000++ worldwide, blum termasuk production extension."

    Padahal TAM menjual GR Yaris di Indonesia dengan harga Rp800 jutaan. Mobil ini begitu banyak peminatnya karena GR Yaris mendapat sentuhan mobil balap namun bisa dipakai harian.

    Anton Jimni Suwandy berujar soal GR Yaris jadi buruan orang Indonesia karena menurutnya mobil ini homologation car yang diproduksi sangat terbatas.

    "Jadi sangat diminati karena bakal jadi mobil langka," kata dia.

    Caption

     

    BACA JUGA: Honda Mulai Produksi BR-V Terbaru di Pabrik Karawang 

    Homologasi adalah proses sertifikasi atau pengesahan terhadap sebuah mobil agar bisa mengikuti sebuah kejuaraan balap.

    Toyota GR Yaris ini dibuat untuk memenuhi syarat homologasi FIA di kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC).

    Toyota Gazoo Racing sendiri menggandeng pebalap WRC paling sukses, Tommi Mäkinen untuk menggarap GR Yaris. GR Yaris tercatat pernah menjadi juara konstruktor WRC 2018 dan juara pebalap WRC pada 2019.

    Untuk pasar Indonesia, hanya mendapatkan jatah 126 unit dari 25 ribu unit GR Yaris yang diproduksi untuk global dan tersedia dalam dua pilihan warna, Emotional Red 2 dan Platinum White Pearl MC.

    GR Yaris mengusung mesin 1.618cc 3-Silinder dengan Turbocharger, bertenaga 260 Hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

    Mesin itu disalurkan melalui penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT), plus fitur Limited Slip Differential (LSD).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini