icon-category Auto

Harga Satu Set Ban Bugatti Veyron Sama dengan Harga Toyota Fortuner

  • 17 Dec 2019 WIB
Bagikan :

Bugatti Veyron (Foto: The Drive)

Uzone.id - Bugatti Veyron memang kendaraan yang bisa dibeli sama golongan sultan saja. Pengusaha Manny Khosbin telah merinci biaya perawatan hypercar tersebut yang pastinya bikin kaum misqueen makin meronta-ronta.

Sebagai permulaan, Manny mengatakan model Veyron Roadster Legend-series bertenaga 1.200 hp harganya lebih dari USD 3 juta (Rp 41,9 miliar).

Pabrikan asal Prancis itu merekomendasikan ganti semua oli Veyron setiap tahun dengan biaya USD 25.000 (Rp 394 juta). Veyron ini punya busi dua kali lebih banyak untuk dibuka daripada Lamborghini Huracan.

Baca juga: Test Drive Wuling Cortez Turbo, Kenyamanan Setara Mobil Setengah Miliar

Untuk mengganti semua oli itu. Mekanik harus membuka gril mobil, roda belakang, rem belakang, pelapis fender belakang semua harus dicopot demi bisa mengakses 16 lubang pembuangan oli.

Ganti ban mobil pun sangat mahal, mengingat dibuat khusus oleh Michelin untuk tetap bertahan di kecepatan lebih dari 25 mil per jam. Bugatt merekomendasikan menukar ban setiap dua atau tiga tahun sekali. Harga per setnya USD 38.000 (Rp 531 juta) dan itu hampir sama dengan harga Toyota Fortuner baru. Asal tahu saja, untuk Fortuner tipe 4x2 2.7 SRZ A/T bensin dihargai Rp 550.050.000 (on the road DKI Jakarta) 

Kalau kita biasa mempertahankan velg ban mobil seumur hidup, kecuali kalau velg alami kerusakan. Hal itu tidak berlaku bagi Veyron. Bugatti merekomendasikan ganti velg setiap 10.000 mil dengan biaya USD 50.000 (Rp 699 juta).

Baca juga: Mengenal MG Motor, Perusahaan Mobil China Kemungkinan Jualan di Indonesia

Harga Onderdil Veyron lainnya yang bikin kita melongo adalah salah satu dari dua sistem pendingin udara seharga USD 9.000 (Rp 125 juta), belum termasuk jasa pergantian USD 2.000 (Rp 27 juta).

Mengganti satu turbocharger biayanya USD 6.400 (Rp 89 juta). Biaya jasa perbaikan USD 9.000 (Rp 125 juta) cuma untuk dua dari empat turbo.

Biaya jasa perbaikan bertambah saat masuk ke ruang mesin. Satu camshaft seharga USD 800 (Rp 11 juta) dan biaya jasa pergantiannya USD 21.000 (Rp 293 juta) karena pembongkarannya butuh waktu yang lama.

Bagian yang termahal mengganti tangki bahan bakar dengan biaya USD 42.000 (Rp 587 juta) dan biaya jasanya USD 22.000 (Rp 307 juta).

Bahkan, mengisi tangki Veyron sebanyak 26,4 galon saja tidak murah karena Khosbin mencatat sekali makan malam yang enak di Los Angeles harganya lebih murah daripada tagihan bahan bakar untuk perjalanan ke sana.

VIDEO Test Drive Wuling Cortez Turbo

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini