icon-category Digilife

Hati-hati, Ada 60 Aplikasi Among Us Palsu yang Sebarkan Malware

  • 01 Dec 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Among Us merupakan game baru berhasil mendapat popularitas yang singkat di masa pandemi Covid-19 ini.

    Namun, para scammer (penipu) telah mempromosikan Among Us versi palsu untuk menipu para pengguna yang tidak berpengalaman dengan menyebarkan malware ke sistem mereka.

    Perusahaan keamanan aplikasi Promon dan mitranya, Wultra, melakukan penelitian terbaru dan mengungkap bahwa aplikasi palsu menyamar sebagai game multipemain online teratas dan menipu orang.

    Sebanyak 60 aplikasi yang meniru game Among Us ditemukan.

    Bagi mereka yang tidak tahu permainan Among Us, di mana pengguna bisa bekerja sama dengan puluhan tim berbeda dan bermain sebagai kru di dalam pesawat luar angkasa.

    Tim-tim tersebut diberi tugas yang harus mereka selesaikan di berbagai area kapal.

    BACA JUGA: Super Nintendo World Senilai Rp8 Triliun Siap Dibuka di Jepang

    Di antar para pemain ada sekitar satu hingga tiga Impostor yang secara diam-diam menghancurkan rekan kru lainnya.

    Among Us tidak mempromosikan kekerasan grafis apa pun, game ini bisa diunduh secara gratis di Google Play dan Apple App Store.

    Promon dan Wultra menemukan bahwa sebagian besar aplikasi diketahui palsu. Di antara aplikasi ini diberi label ulang oleh penulisnya untuk dipindahkan ke toko aplikasi atau siteus web pihak ketiga.

    Aplikasi yang dikemas ulang ini menerapkan kode terenkripsi yang mengubah aplikasi ini dari platform game menjadi perangkat lunak mata-mata. Fungsi permainan jadi berubah karena lebih banyak iklan yang ditampilkan.

    Aplikasi palsu ini menyebabkan malware karena penjahat siber dengan bantuan aplikasi bisa mendapatkan informasi rahasia denagn mamasang aplikasi jahat.

    Para penipu menggunakan Among US palsu untuk mendapat akses ke informasi pribadi pengguna dan detail login.

    CTO Promon Tom Lysemose Hansen menyajikan sekilas tentang bagaimana game palsu Among Us ini bisa menyebabkan kerusakan.

    Promon mengatakan,"Untuk membidik target berikutnya, scammer dan pengembang malware mengawasi lalu lintas audiens dari game tertentu dan mengikuti tren game untuk mengetahui game apa yang biasanya ada di market. Karena Among Us sangat populer di kalangan anak muda yang tidak memiliki pengetahuan apa pun tentang keamanan aplikasi seluler dan mereka terus mengunduh game baru tanpa menyadari bahayanya."

    Untuk memainkan game Among Us dengan aman di perangkat seluler, kamu harus menginstalnya dari toko aplikasi resmi.

    Among Us adalah sebuah permainan multipemain yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh studio permainan asal Amerika Serikat, InnerSloth, dan dirilis pada 15 Juni 2018.

     

    VIDEO Rasanya Punya PS5 Sebelum Resmi Dijual di Indonesia

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini