icon-category Digilife

Hati-Hati, Hacker Sebarkan Virus Lewat Channel YouTube Game

  • 17 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Szabo Viktor/Unsplash

    Uzone.id - Malware terus menjadi musuh dunia digital. Kali ini, laporan terbaru dari Kaspersky menjelaskan bahwa ada malware yang menargetkan gamer melalui platform YouTube.

    Malware ini dapat mencuri berbagai jenis data kredensial dari sistem korban, kemudian data-data ini digunakan untuk mengelabui lebih banyak calon korban lewat channel dan tayangan YouTube.

    Maret 2020 lalu, Kaspersky juga menemukan trojan yang menggabungkan beberapa program ‘jahat’ yang digunakan hacker lalu disebarkan melalui email spam atau pihak ketiga.

    Payload yang biasanya dikenal dengan nama ‘RedLine’ dapat mencuri data dari browser Chrome, Firefox, dan Chromium. Data-data yang dicuri juga termasuk informasi pengisian otomatis, nama pengguna, kata sandi, cookie, dan kredensial perbankan.

    Malware ini juga dapat mencuri informasi dompet kripto, perangkat lunak pesan instan, FTP, SSH, dan klien VPN. Lebih parahnya, malware dapat membuka link di browser untuk mengunduh dan membuka program.

    Baca juga: Makin Sering Muncul, YouTube Uji Coba 10 Iklan Tanpa Skip?

    Dari sini, malware ini dapat menyebar dengan skema yang lebih sulit. Mulai dari mengunduh video ke mesin si korban, lalu mengiklankan cheat dan crack game PC, lalu mengunggahnya di saluran YouTube si korban.

    Lalu, deskripsi untuk video yang diunduh juga berisi tautan yang diarahkan pada program peretasan, akan tetapi sebenarnya link ini mengarah ke trojan asal yang mana menyebabkan video ini diunggah.

    Dalam video jebakan ini, ada beberapa game populer yang di-mention si hacker, mulai dari Final Fantasy XIV, Forza, Lego Star Wars, Rust, Spider-Man, Stray, VRChat, DayZ, F12, Farming Simulator, dan banyak lagi.

    Baca juga: Disebut Singgung SARA, Warganet Ramai Laporkan YouTuber ZavildaTV

    YouTube sendiri telah menutup saluran yang dihack tersebut, namun pengguna wajib waspada akan link yang mencurigakan. 

    Dilansir dari Techspot, Sabtu, (17/09), di masa depan, metode ini bakal menjadi lebih populer sehingga pengguna harus terus berhati-hati.

    Pengguna YouTube khususnya gamer yang sering mencari info cheat, berikut beberapa jenis file trojan RedLine, diantaranya, Makisekurisu.exe, cool.exe, AutoRun.exe, download.exe, dan upload.exe dan lainnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini