icon-category Digilife

Hati-Hati, Link Palsu Pendaftaran Bansos Kemensos Incar Data Pribadi

  • 07 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Link Palsu Bansos Kemensos

    Uzone.id - Mulai awal bulan September ini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) akan dibagikan pemerintah kepada masyarakat yang termasuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

    Tak heran kalau saat ini banyak orang hendak melakukan pengecekan apakah mereka termasuk ke dalam keluarga yang mendapatkan bantuan sosial pemerintah atau tidak.

    Masyarakat agaknya harus berhati-hati karena penipuan di dunia siber juga menyasar momen pendaftaran seperti saat ini.

    Baca juga: Umpatan Menohok Hacker buat Kominfo

    Ya, penjahat siber mengincar momentum ini untuk menjalankan aksinya. Link-link penipuan yang mengincar data pribadi pun dirancang semirip mungkin dengan situs resmi yang disediakan Kemensos.

    Satu-satunya link resmi untuk melakukan pengecekan dan pendaftaran Bansos adalah Link Cek Bansos ini dengan tampilan seperti di bawah ini. Sisanya, adalah hoaks alias palsu.

    Sebelumnya, beberapa pengguna Twitter mempertanyakan kebenaran sebuah link dengan alamat pkh3.online yang mengatasnamakan situs resmi Kemensos. Hal ini pun langsung disanggah oleh Kemensos lewat sosial media Twitter @KemensosRI.

    Dari tangkapan layar yang dibagikan oleh Kemensos, terdapat tombol Periksa yang dicurigai menjadi cara penjahat siber untuk mengumpulkan data-data pengguna, mulai dari NIK dan juga nomor KTP.

    Adapun besar bantuan sosial ini adalah Rp600 ribu untuk keluarga yang masuk ke program bansos rutin Kemensos yaitu, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan juga PKH (Program Keluarga Harapan).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini