icon-category Digilife

Hati-hati, Malware Berkedok Langganan Netflix Gratis Makin Marak

  • 20 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Sumber foto: Samet Özer samedow/Unsplash

    Uzone.id - Skema penipuan siber yang cukup cerdas kembali terdeteksi. Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan modus baru dimana penjahat siber menawarkan langganan streaming tahunan gratis dengan cara memindai kode QR.

    Para penjahat siber ini mencatut nama-nama platform populer seperti Netflix, Disney Hotstar, Hulu dan lainnya. Tercatat sekitar 35 persen pengguna menghadapi ancaman malware, termasuk Trojan, spyware, backdoor, serta adware ketika mencari sumber alternatif dalam mengunduh konten dari aplikasi streaming.

    “Layanan streaming sekarang memproduksi film dan serial mereka sendiri yang hanya dapat ditonton di platform tertentu, tetapi tidak semua pengguna bersedia membayar untuk berlangganan,” kata Vasily M. Kolesnikov, pakar keamanan di Kaspersky.

    “Oleh karena itu, mereka secara aktif mencari cara untuk mengunduh episode baru dari seri yang diinginkan secara gratis di situs pihak ketiga, yang biasanya membawa risiko,” ungkapnya.

    Diantara platform streaming populer, Netflix jadi favorit pelaku siber untuk menjebak korban. Setidaknya sebanyak 80 persen pengguna yang mencari layanan alternatif Netflix menghadapi modus ini ketika mengunduh layanan dari sumber abal-abal.

    Baca juga: Sempat Struggle di Awal Tahun, Subscriber Netflix Kembali Naik

    Sementara itu, pelaku yang memanfaatkan Disney dan Hulu hanya sekitar 10 persen, bahkan modus baru ini jarang ditemukan untuk aplikasi Amazon Prime dan HBO Max.

    Modus kejahatan siber ini membuat halaman phishing massal untuk mencuri informasi pribadi korban dan detail kartu kredit. Saat mengunduh, alih-alih masuk ke aplikasi streaming, pengguna sekarang cenderung kehilangan akun, kredensial, dan data pembayaran mereka.

    Mereka menawarkan pengguna untuk memindai kode QR demi memenangkan langganan layanan streaming tahunan, namun itu justru mengarahkan mereka ke halaman phishing.

    Demi memuluskan modusnya ini, penjahat bahkan up to date dengan tren sekarang agar pengguna makin percaya dengan mereka.

    Kalau ada film atau series yang sedang hits, mereka akan menggunakan gambar atau poster series terbaru demi menggaet korban. Contohnya, karena sedang ramai soal House of the Dragon, mereka akan menggunakan poster series ini.

    Maka dari itu, pencari konten gratisan harus berhati-hati ketika mencari alternatif menonton series kesukaan mereka. 

    Baca juga: Duh, Pekerja WFH Indonesia Jadi Sasaran Malware Jarak Jauh

    Untuk mengamankan koneksi saat nonton dan untuk melindungi data pribadi, opsi yang aman adalah menggunakan solusi VPN terlindungi. Kalau ragu soal keaslian konten, lebih baik menghubungi penyedia hiburan kalian.

    Jangan lupa untuk memeriksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi. Yang terpenting, gunakan halaman web yang resmi dan terpercaya untuk nonton dan download film.

    File yang di download juga takkan berbentuk ‘.exe’ atau ‘.msi’. Dan untuk menghindari ancaman yang merugikan ini, lebih baik menonton series atau konten dari layanan resmi langsung walaupun harus berlangganan.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini