Digilife

Hati-hati Saat Bagikan 7 Hal Ini di Stiker Add Yours

  • 23 November 2021
  • Bagikan :
    Hati-hati Saat Bagikan 7 Hal Ini di Stiker Add Yours Ilustrasi foto: NeONBRAND/Unsplash

    Uzone.id - Challenge lewat Stiker Add Yours menjadi trend pengguna Instagram belakangan ini. Dengan fitur ini, pengguna bisa berbagi hal-hal menarik seperti foto dan video yang berhubungan dengan ‘challenge’ dari stiker tersebut.

    Sayangnya, di tengah tren yang membuat para pengguna makin betah main Instagram ini, ada oknum-oknum penipu yang mencari celah untuk mengumpulkan informasi pribadi dari stiker Add Yours.

    Lalu, apa saja sih yang perlu diwaspadai dan tantangan apa saja yang perlu dihindari saat bermain stiker Add Yours? Berikut beberapa diantaranya.

    Nama panggilan sehari-hari

    Meski terlihat sepele, nama panggilan ternyata bisa digunakan oleh penipu untuk menjalankan aksinya. Mereka akan pura-pura menelpon korban dan mengaku sebagai teman dekat dengan memanggil nama akrab korban.

    Hasilnya, korban akan percaya karena nama panggilan tersebut tidak sembarang digunakan oleh orang lain. 

    Kejadian ini baru saja dibagikan oleh akun @ditamoechtar_ dan menjadi viral di sosial media Twitter. 

    ditamoechtar

    Dalam cuitan yang dibagikan, rekannya terkena penipuan lewat panggilan. Korban lantas percaya karena pelaku memanggilnya dengan nama panggilannya saat kecil.

    Tempat tanggal lahir lengkap dan alamat kota tinggal

    Perlu diwaspadai jika berbagi informasi personal seperti nama tanggal lahir lengkap dan kota tinggal juga bisa disalah gunakan oleh penipu.

    Dengan informasi ini, para pelaku lebih mudah untuk mengumpulkan informasi pribadi calon korbannya.

    “Jaman sekarang enak dah kalo mau nipu orang. Liat IG Story nya aja, tungguin dia latah prompt sticker kumpulin informasinya,” tulis akun @Ezash.

    foto penipuan

    Nama lengkap anggota keluarga

    Nah, hati-hati juga ketika berbagi informasi mengenai nama lengkap orang-orang terdekat seperti nama lengkap orang tua, pasangan, dan anak. Ini akan makin memudahkan penipu untuk menjalankan aksinya.

    nama anak

    Tanda tangan 

    Tanda tangan menjadi salah satu informasi pribadi yang sangat sensitif untuk dibagikan. Tak banyak yang tahu bahwa membagikan tanda tangan secara publik bisa menyebabkan insiden yang cukup fatal. 

    Bisa jadi, penipu yang sudah mengetahui informasi pribadi dapat menyalahgunakan tanda tangan korban. Misalnya, mencairkan dana pinjaman online atas nama korban.

    ttd

    "Tanda tangannya kak sekalian buat cairin pinjol," tulis akun @sagab_b.

    Foto kartu identitas

    Nah, jangan sampai kalian ikut-ikutan challenge untuk berbagi kartu identitas kalian. Baik itu kartu KTP, kartu siswa ataupun lainnya yang memuat informasi pribadi kalian.

    Foto bagian anggota tubuh

    Selain penipuan, challenge ini juga bisa memancing para pelaku pelecehan seksual untuk menyalahgunakan foto yang dibagikan pengguna lain.

    Seperti salah satu akun Twitter yang mengalami kejadian tak mengenakkan setelah membagikan foto kakinya.

    foto kaki

    “Aku pernah ikut share sticker ini. Ehhh ada yang dm begini, akun gembokan gitu. Pas aku follow pake 2nd acc. Ternyata itu akun fetish kaki terus jual-jualin foto kaki. Serem banget,” tulis akun tersebut.

    Informasi yang bersifat pribadi

    Akun Twitter @GelarPrakosa membagikan 4 editan challenge Add Yours yang harus dihindari oleh warganet saat menggunakan fitur tersebut.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini