Digilife

Hati-Hati Saat Main Stiker Add Yours di Instagram

  • 23 November 2021
  • Bagikan :
    Hati-Hati Saat Main Stiker Add Yours di Instagram Ilustrasi Instagram oleh Luke Van Zyl (Unsplash)

    Uzone.id - Instagram baru-baru ini menghadirkan stiker Add Yours agar penggunanya makin betah di platform mereka. Stiker ini hadir di fitur Instagram Stories.

    Dengan stiker Add Yours, pengguna bisa memberikan sebuah ‘challenge’ kepada para followers-nya. Setelah itu, followers tersebut bisa mengikuti tantangan ini dengan menekan stiker ‘Add Yours’ yang muncul di Instagram Stories pengguna. 

    Stiker add yours

    Tantangan ini bisa berupa perintah mengunggah foto, video atau menjawab pertanyaan sesuai topik yang disebutkan.

    Meski baru diluncurkan, fitur ini sudah banyak digunakan oleh pengguna Instagram, bahkan menjadi trend baru dalam aplikasi ini.

    Sayangnya, trend ini menjadi celah baru bagi para penipu untuk mengumpulkan informasi pribadi dari calon korban yang mereka targetkan. Oleh karena itu, cek kembali pertanyaan dan tantangan dari stiker Add Yours sebelum memutuskan untuk menjawabnya.

    Salah satu warganet di Twitter dengan akun @Ditamoechtar_ membagikan pengalaman tak mengenakkan yang dialami rekannya. Dalam cuitannya, Dita mengatakan bahwa rekannya tersebut tertipu oleh pelaku yang memanggil nama korban dengan nama panggilan kecilnya.

    Karena terlanjur percaya, pelaku kemudian meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang.

    Challenge tersebut memang terlihat sepele dan dilakukan hanya untuk seru-seruan, sayangnya pelaku kejahatan kini semakin pintar mencari celah.

    Jangan sampai pengguna aplikasi ikut-ikutan challenge yang membagikan informasi pribadi seperti tempat tanggal lahir, tanda tangan, foto kartu pribadi dan lainnya.

    Seperti yang dibagikan akun @ezash, pada jaman sekarang para penipu tak perlu capek-capek menggali informasi karena dengan adanya stiker ‘Add Yours’ ini mereka bisa mengumpulkan nama panggilan, kota tinggal, nama pasangan/anak, dan tanggal lahir dengan mudah.

    Informasi pribadi tersebut menjadi modal para penipu untuk memudahkan langkah mereka menjerat korbannya.

    “bukan postingan julid yg ingin merusak kesenangan orang, tapi informasi sensitif kek begini baiknya lebih hati2 kalo mau di share ke sosmed,” tulisnya.

    Akun @GelarPrakosa membagikan template ‘editan’ stiker Add Yours yang berisi challenge informasi pribadi yang perlu diwaspadai oleh pengguna karena bisa disalahgunakan, bahkan bisa dipakai untuk penipuan pinjaman online.

    "Tanda tangannya kak sekalian buat cairin pinjol," tulis akun @sagab_b.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini