icon-category Digilife

Identitas Bjorka Terungkap, Ternyata dari Cirebon?

  • 14 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Beberapa pekan terakhir, masyarakat Indonesia diajak menebak identitas asli dari hacker bernama Bjorka. Ya, banyak yang ingin tahu siapa dan dari mana peretas yang berani menantang Pemerintah Indonesia ini berasal.

    Setelah membuat huru-hara, identitas Bjorka sedikit demi sedikit mulai diungkap berbagai pihak. Walaupun sebelumnya ia mengatakan kalau basisnya berada di Warsawa, Polandia, namun kabar yang beredar menyebutkan kalau ia asli warga Indonesia.

    Soal teka-teki identitas Bjorka juga sudah mulai dikantongi oleh pemerintah Indonesia. Terbaru, Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam), mengungkapkan bahwa pemerintah sudah mengidentifikasi identitas Bjorka.

    Baca juga: BIN dan Polri Sudah Kantongi Identitas Hacker Bjorka

    “Kami terus menyelidiki, dan sampai sekarang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri tetapi belum bisa diumumkan,” ungkap Mahfud MD dalam konferensi pers pada Rabu (14/9).

    Sementara itu, sebuah akun Instagram dengan nama @volt_anonym dan @voltcyber_v2 turut membagikan identitas yang diduga merupakan sosok dibalik hacker Bjorka.

    Lewat beberapa postingannya, ia mengungkap identitas asli yang diduga sebagai Bjorka. Bukan warga Depok seperti yang diduga-duga masyarakat selama ini, terduga Bjorka ini diketahui bekerja dan berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat.

    Baca juga: Fakta Bjorka, Hacker yang Umbar Data dan 'Caper' ke Netizen +62

    Selain mengungkap identitas terduga Bjorka, akun Volt Anonym juga mengungkapkan fakta kalau dari 133 juta data yang diretas Bjorka, isinya tak lebih dari 200 data yang kemudian disalin sehingga berjumlah seakan 133 juta. Selain itu, data-data ini juga merupakan data kadaluarsa atau data dump.

    Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah mengenai identitas sebenarnya si Bjorka ini. Warganet pun meminta akun Volt_Anonym untuk memberikan bukti kuat soal identitas asli Bjorka ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini