icon-category Digilife

Iklan YouTube Bakal Muncul Lebih Sering dan Gak Bisa Di-skip

  • 14 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Leon Bublitz @leon_bublitz/Unsplash

    Uzone.id - Kabar buruk bagi pengguna YouTube yang gak langganan YouTube Premium. Kabarnya, platform video ini sedang menguji coba iklan yang lebih panjang dalam satu video.

    Dari kabar yang dibagikan Gizchina, Selasa (13/9), pengguna YouTube kini harus berurusan dengan 5 iklan sekaligus dalam satu video. Sebelumnya, iklan atau ads dalam satu video hanya berkisar satu atau dua saja. Itu pun ada yang bisa di skip dan ada yang tidak.

    Kabar lainnya, tampaknya Google sudah menguji fitur ini di YouTube dan implementasinya akan dimulai bulan ini untuk pengguna gratis YouTube tentunya.

    Pengguna YouTube tentunya kesal dengan pengumuman ini, 2 iklan saja sudah bikin sebal apalagi 5 iklan dan tidak bisa di-skip pula.

    Baca juga: Motif Bjorka Retas Data Indonesia, Mau Jadi Hacktivist?

    Beberapa pengguna yang menjadi alat percobaan YouTube mengeluhkan kalau “YouTube hanya memberi saya 5 iklan panjang yang tidak dapat dilewati".

    Menanggapi kekesalan yang dibagikan penggunanya, YouTube memberikan penjelasannya soal kabar 5 iklan dalam satu video ini. Dari beberapa pengguna yang mengalami 5 iklan dalam satu video, panjang iklan hanya sekitar 5 sampai 6 detik saja. Jadi, satu video hanya menghabiskan sekitar 30 detik video.

    Perusahaan mengklaim bahwa situasi ini terjadi dengan apa yang disebut sebagai "iklan bumper". Karena masih dalam tahap uji coba, YouTube meminta pengguna untuk mengirim umpan balik langsung ke YouTube melalui tool Feedback.

    Baca juga: Fakta Bjorka, Hacker yang Umbar Data dan 'Caper' ke Netizen +62

    Meski saat ini sebagian pengguna masih mendapatkan dua iklan yang bisa di-skip, YouTube seharusnya sudah paham kalau pengujian ini bakal mendapat respon negatif dari pengguna layanan gratis. 

    Hingga saat ini, belum dipastikan apakah nantinya YouTube akan meluncurkan iklan ini ke lebih banyak akun atau tidak dan akan dirilis dalam waktu dekat atau tidak. Semua tergantung pada feedback pengguna.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini