icon-category Digilife

Indonesia Dipecundangi Thailand 4-0, PSSI Jadi Sasaran Netizen dan Hacker

  • 30 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Momen menyesakkan terjadi semalam, 29 Desember 2021 saat Timnas Indonesia dibantai tim Thailand 4-0 di leg I final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura. Puncak dari kekalahan ini adalah netizen yang melampiaskannya ke Ketum PSSI hingga situs PSSI yang sampai diretas hacker.

    Sejak kekalahan telak ini, netizen Indonesia ramai-ramai mencuitkan twit yang diarahkan ke Ketum PSSI, Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule.

    Sempat masuk Trending Topic wilayah Indonesia dengan jumlah cuitan 2.380 twit, netizen tampaknya melampiaskan kekesalannya ke Irwan Bule lantaran pernyataannya belum lama ini yang berencana mengunjungi Timnas Indonesia di ruang ganti.

    Tak sedikit juga yang langsung membalas postingan video Irwan Bule di Twitter yang memperlihatkan dirinya sedang video call bersama kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

    Baca juga: Netizen Indonesia 'kan Pemaaf, Emang Bisa Anut Cancel Culture?

    “Jadi beban kan pak sama timnas efek dari keinginan bapak mau masuk ruang ganti??
    Puas pak dengan skor akhir nya?? Masih pengen masuk ruang ganti di tgl 1 nnti??,” cuit seorang netizen.

    biar apasih pak ? biar ngasih motivasi ? kan semua udah ada timnya. Buat ngasih wejangan ? justru pas momentum kek gini, biarkan mereka lepas apa adanya. Kasih wejangan gini, nanti malah mereka kebawa beban. BERASA KEK BAPAK BAPAK STRICT PARENTS BANGET,” tulis netizen lain.

    Ada pula netizen yang mencuitkan sarkasme.

    Apa betul gara2 Iwan Bule tidak dapat izin dari AFF ke ruang ganti team Indonesia, akhirnya ybs masuk ruang ganti team Thailand, dan Thailand pun menang ?” kata seorang netizen.

    Tak lupa netizen yang memanfaatkan momen geger ini untuk menyebarkan meme kocak.

    Di sisi lain, kejadian yang tak kalah heboh menimpa situs resmi PSSI yang ternyata sempat dibobol hacker.

    Baca juga: Gara-gara Wayang, Instagram Adidas Kena Semprot Netizen

    Mengutip berbagai sumber, ada salah satu laman yang berjudul "Ayo...Tetap Semangat di Laga Kedua", berisi berita soal hasil pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020.

    Kemudian laman tersebut disulap menjadi warna hitam dan menyertakan lagu ‘Garuda di Dadaku’ yang dapat diunduh secara bebas.

    Foto: dok. Antara

     

    Indonesia mainnya bapuk apa karena ketum pssi masuk kamar ganti pemain? Yok Indonesia bisa yok, masiha da leg 2, semangat! #opiwan #indonesiajuara,” tulis si hacker.

    Peretas menamakan dirinya “Anon7” dan “AnonSec Team”. Di atas tulisan mereka, ada juga poster pemain Timnas Indonesia dan Ketum Mochamad Iriawan yang dicoret wajahnya.

    Dari pantauan Uzone pagi ini, 30 Desember 2021, situs PSSI sudah terpantau normal kembali.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini