Auto

Indonesia Nomor 2 Termacet di Dunia

  • 09 February 2018
  • Bagikan :

    Uzone.id—Indonesia kembali menempati posisi nomor dua sebagai negara termacet di dunia berdasarkan survei INRIX 2017 Global Traffic Scorecard.

    Posisi ini sama seperti tahun lalu. Kebanyakan orang Indonesia menghabiskan waktunya di tengah kemacetan sampai 51 jam sepanjang 2017. Jumlah tersebut hanya selisih tipis dari Thailand yang menjadi negara termacet di dunia dengan rata-rata orang terjebak kemacetan mencapai 56 jam.

    Di posisi ketiga ada Colombia, yang tahun lalu rata-rata warganya terjebak macet selama 49 jam. Sementara posisi keempat diduduki negara Venezuela dengan waktu rata-rata orang kejebak macet mencapai 42 jam.

    Rusia dan Amerika Serikat harus berbagi posisi lima dan enam karena kedua kota tersebut memiliki waktu rata-rata terjebak kemacetan yang sama yaitu 41 jam. Brazil dan Afrika Selatan juga mengalami nasib hampir sama, kebanyakan orang terjebak macet sampai 36 jam, untuk itu menempati posisi tujuh dan delapan. Sementara, di peringkat sembilan diduduki Turki dengan 32 jam dan Inggris di posisi 10 dengan 31 jam.

    Chief Economist INRIX Dr Graham Cookson menyebutkan, kondisi kemacetan di dunia cukup mengkhawatirkan karena menghambur-hamburkan uang dan berdampak langsung pada perekonomian secara umum dan individu. “Stakeholders kebijakan transportasi harus tetap melakukan pengembangan termasuk penggunaan teknologi terbaru dalam transportasi agar dapat memperbaiki lalu lintas,” katanya.

    INRIX adalah konsultan di Kirkland, Amerika Serikat. Dalam analisis kali ini mereka melibatkan 1.360 kota dari 38 negara, termasuk Indonesia.

    Tags : Macet Kemacetan